Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share dan jigsaw untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungatan Situbondo / Vionita Rizky Ananda

Ananda, Vionita Rizky (2018) Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share dan jigsaw untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungatan Situbondo / Vionita Rizky Ananda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ananda, Vionita Rizky. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Bungatan Situbondo. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A, M.Si, (II) Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si. Kata kunci : Think Pair Share, Jigsaw, keterampilan sosial, hasil belajar. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan sosial dan hasil belajar siswa masuk dalam kategori rendah. Belum semua siswa dapat bekerja dalam kelompok. Interaksi antar siswa dalam kelompok belajar cenderung pasif dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas kelompok juga masih kurang. Saat dijelaskan materi pelajaran, tidak semua siswa fokus medengarkan penjelasan yang disampaikan guru sehingga membuat pemahamannya terhadap materi kurang. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Jigsaw dianggap cocok untuk untuk meminimalkan permasalahan yang dihadapi terkait pengembangan keteramilan sosial dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa siswa kelas IV SD Negeri 3 Bungatan Situbondo. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Bungatan pada kelas IV semester Genap tahun 2017/2018. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang dengan 12 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis teknis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dari hasil analisis. Data dalam penelitian ini berupa data tentang kegiatan pembelajaran, keterampilan sosial dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Jigsaw. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar pada muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Bungatan. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Jigsaw dilaksanakan dengan baik sesuai sintaks pembelajaran. Keterampilan sosial siswa telah berkembang terutama pada lima bidang keterampilan sosial yaitu kerja sama, ketegasan, tanggung jawab, empati, dan pengendalian diri. Hasil belajar siswa sudah dapat mencapai KKM muatan pelajaran IPS yang telah ditentukan yaitu ≥ 75.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63282

Actions (login required)

View Item View Item