Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja kelas IV SD tema Indahnya Kebersamaan / Priska Efriani L. Ero

Ero, Priska Efriani L. (2018) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja kelas IV SD tema Indahnya Kebersamaan / Priska Efriani L. Ero. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ero, L E Priska. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Toraja Kelas IV SD Tema Indahnya Kebersamaan. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarrmi, M.Pd., (2) Dr. Yuni Astuti, S.H, M.Pd. Kata Kunci: Kearifan lokal, Toraja, Bahan Ajar. Budaya dan kearifan lokal merupakan salah satu materi yang diintegrasikan dalam pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV SD. Akan tetapi budaya dan kearifan lokal yang terdapat dalam bahan ajar nasional bersifat kurang kontekstual dan dekat dengan lingkungan siswa SDN 03 Rantepao, kabupaten Toraja Utara. Pembelajaran menjadi pasif oleh karena keterbatasan literatur tentang budaya dan kearifan lokal Toraja.Tujuan penelitian dan pengembangan ini ialah untuk menghasilkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja yang valid, menarik, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Langkah-langkah penelitian ini terdiri tiga tahap yaitu tahap menganalisis permasalahan, pebelajar dan kurikulum. Tahap kedua dilakukan dengan memilih bentuk instrument peniliaan dan menyusun rancangan awal. Sedangan tahap pengemba bahan ajar dalam kelompok kecil dan kelompok besar untuk menilai sisi kemenaarikan, kepraktisan, dan keefektivitasan produk /bahan ajar . Keempat angkah tersebut sesuai dengan rancangan penelitian dan pengembangan 4-D. Namun pada penelitian dan pengembangan ini, tahap disseminate atau penyebaran tidak digunakan karena keterbatasan waktu penelitian. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli, angket kemenarikan, angket kepraktisan, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan kevalidan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja dengan skor total validasi sebanyak 85%. Persentasi 85% tergolong sangat valid dan dapat digunakan. Begitupun dengan hasil uji kelompok kecil terhadap kemenarikan dan kepraktisan bahan ajar dari respon guru dan siswa. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja sangat menarik dan praktis. Tes yang diberikan di awal (pretest) dan di akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan perubahan sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja. Rata-rata nilai Pretest yaitu 32.6. Angka tersebut belum mencapai kriteria ketunasan minimum yaitu 70. Hasil posttest menunjukkan nilai 83 hingga angka tersebut mencapai nilai KKM SDN 3 Rantepao Toraja Utara. Meningkatnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Rantepao Toraja Utara membuktikan bahwa bahan ajar yang dikembangan dalam penelitian ini memiiki banyak manfaat. Bahan ajar membantu guru dalam membuat pembelajaran kontekstual dan bermakna sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Oleh karena itu penelitian pengembangan (R&D) perlu diperbanyak oleh para peneliti yng lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63281

Actions (login required)

View Item View Item