Pelakasanaan gerakan literasi sekolah (studi multisitus di SDN Kauman 1 dan SDN Percobaan 1 Kota Malang) / Styo Mahendra Wasita Aji

Aji, Styo Mahendra Wasita (2018) Pelakasanaan gerakan literasi sekolah (studi multisitus di SDN Kauman 1 dan SDN Percobaan 1 Kota Malang) / Styo Mahendra Wasita Aji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aji, Styo Mahendra Wasita. 2018. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah: Studi Multisitus di SDN Kauman 1 dan SDN Percobaan 1 Kota Malang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., (II) Dr. Nurchasanah, M.Pd. Kata Kunci: Gerakan literasi sekolah, pembiasaan, pengembangan, pembelajaran SDN Kauman 1 dan SDN Percobaan 1 melaksanakan kebijakan gerakan literasi sekolah. Gerakan ini diatur dan dilaksanakan sejak 2015. Literasi di SDN Kauman 1 dan SDN Percobaan 1 terjadwal di dalam jadwal pelajaran. Masing-masing sekolah juga menunjukkan adanya sarana dan prasaran literasi. Di kedua sekolah juga melaksanakan literasi di dalam pembelajaran yang menghasilkan produk karya siswa. Oleh karena itu, fokus penelitian ini untuk mendeskrisipsikan (1) pembiasaan, (2) pengembangan, dan (3) pembelajaran dalam gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multisitus. Lokasi penelitian di SDN Kauman 1 sebagai situs 1 dan SDN Percobaan 1 Kota Malang sebagai situs 2. Data yang dikumpulkan tentang pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran dalam gerakan literasi sekolah. Sumber data pada penelitian yaitu, siswa, guru, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data diawali dengan analisis data situs tunggal dilanjutkan dengan analisis data lintas situs dengan metode analisis induksi analitik. Prosedur anilisis situs tunggal dengan melakukan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur analisis data lintas situs dengan mencari temuan sementara lintas situs, menganalisis lintas situs dengan teknik induksi analitik dimodifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui kriteria: kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Tahapan penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian dapat ditinjau dari fokus penelitian. Pembiasaan dilaksanakan dengan kegiatan membaca dan menulis, menyediakan sarana dan prasarana, membuat lingkungan kaya teks, memilih buku untuk literasi, dan melibatkan publik. Pengembangan dilaksanakan dengan melaksanakan membaca mandiri, melakukan diskusi tanya jawab, mencatat bahan bacaan, pemanfaatan lingkungan literasi berupa perpustakaan. Pembelajaran dilaksanakan dengan membuat lembar karya berbasis teks dan memanfaatkan perpustakaan saat literasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan lebih lanjut pemanfaatan laporan penelitian hasil penelitian ini. Bagi Guru, hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai sumber referensi untuk aplikasi praktik pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pijakan untuk strategi aplikasi kebijakan gerakan literasi di sekolahnya secara substansial. Bagi Pemerintah, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian ilmiah untuk mengembangkan kebijakan gerakan literasi sekolah dan panduan pelaksanaan yang lebih aplikatif dan substansial. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63280

Actions (login required)

View Item View Item