Internalisasi nilai-nilai karakter di SDN 1 Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung / Eti Rizki Handayani

Handayani, Eti Rizki (2018) Internalisasi nilai-nilai karakter di SDN 1 Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung / Eti Rizki Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Handayani, E. R. 2018. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter di SDN 1 Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd. Kata Kunci: internalisasi, nilai-nilai karakter, sekolah dasar Internalisasi nilai karakter dilakukan untuk menanamkan karakter yang baik kepada siswa dengan cara pembiasaan yang dilakukan oleh guru. Guru mempunyai peran menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas untuk membangun cara pikir dan perilaku peserta didik. Terdapat dua fokus dalam penelitian ini, yaitu (1) nilai karakter yang muncul pada tindakan guru untuk menginternalisasi pada peserta didik dan (2) strategi guru dalam internalisasi nilai karakter pada peserta didik di SDN 1 Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini berupa tindakan guru menginternalisasi nilai karakter pada peserta didik kelas satu sebagai perwakilan kelas rendah dan kelas lima sebagai perwakilan kelas tinggi. Data ini diperoleh sebelum pembelajaran, selama pembelajaran, dan sesudah pembelajaranProsedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Nilai-nilai karakter yang muncul dalam tindakan guru, yaitu nilai religius yang muncul, yaitu (1) toleransi, (2) cinta damai, (3) mencintai lingkungan, dan (4) percaya diri. Nilai nasionalis yang muncul, yaitu (1) unggul, (2) berprestasi, (3) cinta tanah air, (4) menjaga lingkungan, (5) taat hukum, dan (6) disiplin. Nilai mandiri yang muncul, yaitu (1) etos kerja/kerja keras, (2) profesional, dan (3) kreatif. Nilai gotong royong yang muncul, yaitu (1) menghargai, (2) kerjasama, (3) inklusif, (4) tolong menolong, (5) solidaritas, dan (6) sikap kerelawanan. Nilai integritas yang muncul, yaitu (1) kejujuran, (2) tanggung jawab, dan (3) keteladanan. Strategi guru untuk menginternalisasi nilai karakter di SDN 1 Dono, meliputi (1) mengenalkan nilai-nilai karakter pada tahap konsep (pengetahuan), (2) menanamkan pembiasaan nilai-nilai karakter (perasaan), (3) memberi contoh, melatih, dan membiasakan siswa melakukan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari (psikomotorik), dan (4) bekerjasama dengan orang tua siswa dengan cara berkomunikasi dalam melakukan pemantauan nilai-nilai kebaikan pada diri peserta didik (habituasi). Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa internalisasi nilai karakter pada SDN 1 Dono, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung belum sepenuhnya diintegrasikan. Akan tetapi, keempat strategi guru untuk menginternalisasi nilai karakter sudah diintegrasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63278

Actions (login required)

View Item View Item