Pengembangan buku pedoman assesmen projek dan portofolio matematika untuk siswa SMP kelas VII / Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku pedoman assesmen projek dan portofolio matematika untuk siswa SMP kelas VII / Nurul Hidayah

Hidayah, Nurul (2018) Pengembangan buku pedoman assesmen projek dan portofolio matematika untuk siswa SMP kelas VII / Nurul Hidayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayah Nurul.2018. Pengembangan Buku Pedoman Asesmen Projek dan Portofolio Matematika SMP Kelas VII. Tesis.Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abd. Qohar M.T dan (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A Kata Kunci buku pedoman asesmen asesmen projek portofolio Penelitian pengembangan ini menghasilkan satu produk berupa buku pedoman asesmen projek dan portofolio matematika SMP kelas VII. Produk ini dikembangkan oleh peneliti berdasarkan pada hasil studi pendahuluan pada MTs TMI Pujon yang menunjukkan bahwa guru matematika masih kesulitan dalam melaksanakan asesmen projek dan portofolio yang sesuai dengan aturan sasesmen pada kurikulum 2013. Dalam pengembangan produk ini peneliti menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE. Langkah-langkah prosedural model pengembangan ADDIE menurut Branch yaitu (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implementation dan (5) Evaluate. Dimana kualitas hasil produk dapat diketahui berdasarkan hasil uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil uji validitas produk yang diukur kevalidannya berdasarkan (a) relevansi (b) kelengkapan (c) ketepatan dan (d) kejelasan diperoleh skor validitas 3.74 dari skor maksimal 4 hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan ini valid dan dapat diimplementasikan tanpa revisi. Namun peneliti tetapi melakukan revisi kembali sesuai saran dan masukan dari validator ahli asesmen matematika. Hasil validasi dan revisi ini digunakan untuk uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru sebagai pengguna atau praktisi. Berdasarkan analisis data hasil uji kepraktisan produk diketahui tingkat kepraktisan instrumen asesmen berdasar uji coba pengguna dan observasi memperoleh skor masing-masing 3.86 3.63 dan 3.50 dari skor maksimal 4. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan ini praktis berdasarkan uji coba kepraktisan dan observasi kepraktisan produk. berdasarkan uji coba kepraktisan menunjukkan bahwa produk telah sesuai dan layak digunakan untuk mendata asesmen projek dan portofolio siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Meskipun diperoleh rata-rata cukup tinggi dari hasil uji kepraktisan produk namun produk pengembangan ini masih tetap memerlukan revisi. Perbaikan dan revisi didasarkan pada saran dan masukan dari praktisi yang melakukan uji coba produk pengembangan ini. Hasil uji kepraktisan dan revisi ini menghasilkan produk final berupa buku pedoman asesmen projek dan portofolio matematika kelas VII SMP. Berdasarkan hasil validasi dan kepraktisan produk dapat disimpulkan bahwa produk berupa buku pedoman asesmen projek dan portofolio matematika SMP kelas VII dinyatakan valid dan praktis. Dengan demikian produk pengembangan ini layak digunakan untuk mengases kompetensi siswa terutama pada bidang studi matematika SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63277

Actions (login required)

View Item View Item