Penerapan media permainan domino card dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Malang / Firman Tsabbit Abqari

Abqari, Firman Tsabbit (2018) Penerapan media permainan domino card dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Malang / Firman Tsabbit Abqari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Abqari, Firman Tsabbit. 2018. Penerapan Media Permainan Domino Card Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Malang. Tesis. Study Program of Basic Education, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Edy Bambang Irawan, M.Pd (2) Prof. Dr. Cholis SaÔÇÖdijah, M.Pd, M.A Kata Kunci : Media Permainan Domino Card, Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan Berhitung, Konversi Pecahan dan Desimal. Keterampilan berhitung merupakan kemampuan siswa melakukan operasi hitung matematika dengan cermat dan tepat. Siswa sekolah dasar dianjurkan untuk terampil berhitung matematika agar dapat menyelesaikan persoalan-persoalan matematika dengan mudah pada pendidikan berikutnya. Pada kenyataannya keterampilan berhitung konversi pecahan dan desimal siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sudimoro masih cukup rendah, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model pembelajaran yang kreatif, sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Penerapan media permainan Domino Card ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung konversi pecahan dan desimal, serta membantu siswa aktif dalam pembelajaran matematika Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada bulan Februari 2018 selama dua siklus, yang pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Sumber data yang dipilih siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sudimoro Kabupaten Malang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah permainan Domino Card yaitu, meyampaikan tujuan dan cara penggunaan, membentuk kelompok heterogen, pelaksanaan permainan secara berkelompok dengan menghubungkan setiap kartu Domino, pemeriksaan terhadap hasil pekerjaan kelompok. Dengan pembelajaran tersebut siswa menjadi aktif dan bersemangat dalam berhitung konversi pecahan dan desimal. Pada siklus I pembelajaran berada pada kategori baik. Aktivitas guru dan siswa mencapai 82% dan 83% dengan capaian rata-rata hasil belajar siswa mencapai 73. Pada siklus II pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Aktivitas guru dan siswa mencapai 91% dan 91% dengan capaian rata-rata hasil belajar siswa mencapai 87. Persentase secara klasikal siklus I dan siklus II mencapai 57% dan 86%. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan media permainan Domino Card dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada materi konversi pecahan dan desimal. Saran dalam penelitian ini yaitu media permainan Domino Card dapat didesain lebih kreatif lagi dengan menyesuaikan materi lain pada matematika, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63276

Actions (login required)

View Item View Item