Wahyuni, Pebriani Dwi (2018) Pengaruh Persepsi Program Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar / Pebriani Dwi Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuni Pebriani Dwi. 2018. Pengaruh Persepsi Program Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W.W. M.A. M.Si. (II) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. Kata kunci Program Full Day School Gerakan Literasi Sekolah Hasil Belajar Motivasi Belajar. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh langsung dan tidak langsung pada variabel program full day school (X1) dan gerakan literasi sekolah (X2) sebagai variabel independen motivasi belajar (Z) sebagai variabel intervening serta hasil belajar (Y) sebagai variabel dependen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V sekolah dasar swasta Islam yang berada di kota Malang. Sampel penelitian menggunakan teknik multistage sampling untuk menentukan besar sampel yang diteliti sehingga diperoleh besar sampel sejumlah 99 responden. Penelitian dilakukan di kota Malang dengan mengambil satu sekolah setiap kecamatan yang ada di kota Malang dengan rincian sebagai berikut (1) SD NU Hasyim Asyari (Kedungkandang) (2) SD IT Ahmad Yani (Klojen) (3) SD Muhammadiyah 4 Malang (Lowokwaru) dan (4) SD Islamic Global School (Sukun). Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara langsung tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara program full day school terhadap hasil belajar hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Sig. 0 313 0 05 (2) secara langsung tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar dengan ditunjukkan perolehan nilai Sig. 0 641 0 05 (3) secara langsung terdapat pengaruh yang signifikan antara program full day school terhadap motivasi belajar dengan diperoleh nilai Sig. 0 000 0 05 (4) secara langsung terdapat pengaruh yang signifikan antara gerakan literasi sekolah terhadap motivasi belajar hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Sig. 0 000 0 05 (5) secara langsung terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan ditunjukkan perolehan nilai Sig. 0 013 0 05 (6) terdapat pengaruh secara tidak langsung program full day school terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan diperoleh pengaruh total sebesar 0 248 dan (7) terdapat pengaruh secara tidak langsung gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan diperoleh pengaruh total sebesar 0 241.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63275 |
Actions (login required)
View Item |