Investigasi respon siswa SD dalam menyelesaikan masalah berdasarkan taksonomi solo ditinjau dari gender / Latifatul Chariroh

Chariroh, Latifatul (2018) Investigasi respon siswa SD dalam menyelesaikan masalah berdasarkan taksonomi solo ditinjau dari gender / Latifatul Chariroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chariroh, Latifatul. 2018. Invetigasi Respon Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Gender. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sudirman, M. Si, (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M. Pd Kata kunci: respon, memahami masalah, soal cerita, taksonomi SOLO, gender Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Kepanjenlor 1 Kota Blitar, ditemukan permasalahan yaitu banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui kemampuan siswa SD dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita berdasarkan taksonomi SOLO yang ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan dua soal yang telah disusun berdasarkan taksonomi SOLO kepada siswa kelas V yang telah memperoleh materi operasi hitung campuran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengetahui respon siswa SD dalam menyelesaikan masalah dan wawancara untuk mengkaji lebih dalam terkait kemampuan siswa SD berdasarkan gender dalam menyelesaikan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa respon siswa kelas V SD dalam menyelesaikan masalah berada pada tingkat taksonomi SOLO Prastruktural, Unistruktural, dan Multistruktural. Respon siswa pada setiap tingkat taksonomi SOLO tersebut dapat mencerminkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita. Pada tingkat Prastruktural, antara siswa laki-laki dan perempuan memiliki tiga perbedaan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dimana siswa laki-laki berada di bawah kemampuan siswa perempuan. Pada tingkat Unistruktural, antara siswa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama dalam menyelesaikan masalah, namun memiliki perbedaan pada tingkat kompetensi yang dikuasai. Pada tingkat Multistruktural, antara siswa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama dalam menyelesaikan masalah, namun memiliki perbedaan kemampuan dalam menuliskan model matematika pada operasi hitung campuran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63274

Actions (login required)

View Item View Item