Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan engklek termodifikasi untuk mengurangi kecemasan matematika siswa pada materi Bangun datar di kelas IV sekolah dasar / Alik Nadziroh

Nadziroh, Alik (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan engklek termodifikasi untuk mengurangi kecemasan matematika siswa pada materi Bangun datar di kelas IV sekolah dasar / Alik Nadziroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Nadziroh, Alik. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Engklek Termodifikasi untuk Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd., (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, permainan, kecemasan matematika. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan guru di SDI Assalam Malang dalam menentukan perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan yang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Tingginya tingkat kecemasan matematika siswa di sekolah dasar juga menjadi penyebab pentingnya dilakukan penelitian ini. Upaya mengurangi besarnya tingkat kecemasan yang dialami siswa pada saat pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis permainan. Permainan mengandung unsur menarik dan menyenangkan bagi siswa di sekolah dasar. Permainan tradisional engklek termodifikasi dipilih sebagai permainan yang dikembangkan karena dapat memberikan manfaat pada kemampuan fisik maupun mental anak. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan engklek termodifikasi untuk mengurangi kecemasan matematika siswa pada materi bangun datar di sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Produk yang dihasilkan meliputi (1) langkah-langkah perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan engklek termodifikasi, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (3) Lembar Kerja Siswa (LKS). Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan 4D oleh S.Thiagarajan, dkk. dengan tahapan penelitian (1) Define, (2) Desaign, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SDI Assalam Malang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan IV-B yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Intrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, lembar validasi pengguna, soal pretest-posttest, angket kecemasan matemaika siwa, dan pedoman wawancara yang dinyatakan valid. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata keseluruhan aspek, melakukan uji Independent Sample of T-test, dan uji gain ternormalisasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan engklek termodifikasi yang valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan perangkat sebesar 85% dari skala 100%. Tingkat kepraktisan perangkat psebesar 82,6% dari skala 100%. Tingkat keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan angka signifikasi sebesar 0,004 < 0,05 dengan nilai nilai thitung < ttabel (-3,054 < -2,010). Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa didominasi oleh kategori sedang. Tingkat kecemasan matematika siswa pada aspek fisiologis mengalami penurunan sebesar 14%, dan pada aspek psikologis mengalami penurunan sebesar 17,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63273

Actions (login required)

View Item View Item