Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 1 Lamappoloware Sulawesi Selatan / Rahmah Kumullah

Kumullah, Rahmah (2018) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 1 Lamappoloware Sulawesi Selatan / Rahmah Kumullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumullah, Rahmah. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Kelas IV SDN 1 Lamappoloware. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., M.A., M.Si, (2) Dr. Lia Yuliati, M.Pd Kata Kunci: problem based learning, kemampuan berpikir kritis, penguasaan konsep Sifat-sifat cahaya merupakan materi yang memiliki karakteristik yang terdiri akan konsep-konsep. Untuk menemukan solusi dari permasalahan pada materi ini, maka siswa harus memiliki penguasaan konsep yang baik. Apabila siswa memahami konsep maka kemampuan berpikir kritisnya akan lebih berkembang. Salah satu model yang dapat melatih kemampuan berpikir dan meningkatkan penguasaan konsep adalah model PBL. Pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) merupakan sebuah proses pembelajaran yang melibatkan siswa dalam menyelidiki sebuah fenomena yang ada di kehidupan sehari-hari secara kritis dan logis serta menuntut siswa untuk menemukan sendiri solusi dari permasalahn tersebut. Indikator kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini yaitu memfokuskan pertanyaan, mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, membuat dan mengkaji nilai-nilai hasil pertimbangan, meberi pertimbangan dan alasan, mendefenisikan istilah dan mempertimbangkan definisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA pada materi sifat cahaya siswa kelas IV SDN 1 Lamappoloware Sulawesi Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan perancangan quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penggunaan model PBL diberikan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol mengguakan model konvensional. Pretest diberikan sebelum adanya perlakuan sedangkan posttest diberikan setelah adanya perlakuan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Lamappoloware. Penentuan kelas melalui tekhnik undian, sehingga kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang sedangkan IVA sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 31 orang siswa. Tes yang digunakan untuk mengetahui takar berpikir kritis adalah berbentuk essay. Dan penguasaan konsep IPA berupa pilihan ganda dengan taraf kognitif C1-C4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA pada materi sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN 1 Lamappoloware. Hal ini dapat dilihat pada rerata &#773;&#773;&#773;&#773;&#773; kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 74.19 > 68.05 pada kelas kontrol. Hasil ini juga berdasar pada uji hipotesis kemampuan berpikir kritis yakni 0.036 < 0.05 yang berarti H0 ditolak yang berarti ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas PBL dan kelas konvensional. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep IPA dapat dilihat pada vi rerata &#773;&#773;&#773;&#773;&#773; penguasaan konsep IPA pada kelas eksperimen 81.14 > 71.96 pada kelas kontrol. Hal ini diperkuat oleh hasil uji hipotesis penguasaan konsep IPA yaitu 0.002 < 0.05, maka H0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA siswa pada kedua kelas. Diperoleh hasil penelitian bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA. Sehingga peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk menerapkan model PBL pada pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan. vii ABSTRACT Kumullah, Rahmah. 2018. Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability and Mastery of Science Concept of Class IV SDN 1 Lamappoloware. Thesis, Graduate Program of Basic Education. State University of Malang. Supervisor: (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., M.A., M.Si, (2) Dr. Lia Yuliati, M.Pd Keywords: Problem based learning, critical thinking skills, mastery of the concept of science The properties of light are materials that have characteristics consisting of concepts. To find solutions to the problems in this material, students must have a good mastery of concepts. If students understand the concept then their critical thinking skills will be more developed. One model that can train thinking skills and improve conceptual mastery is the PBL model. Learning using problem-based learning model (PBL) is a learning process that involves students in investigating a phenomenon that exists in daily life critically and logically and requires students to find their own solutions to the problem. The indicator of critical thinking ability in this research is focusing the question, considering whether the source can be trusted or not, making and reviewing the values of consideration, giving consideration and reason, defining the term and considering the definition. The purpose of this study is to determine the effect of PBL on the ability of critical thinking and mastery of the concept of science on light material of the students of grade IV in the primary school 1 Lamappoloware South Sulawesi. This research method uses approach through pretest-posttest control group design with quasi experiment design. This research consists of two classes, namely experiment class and control class. The use of the PBL is given to the experimental class whereas the control class uses the conventional. Pretest is administered before treatment and posttest is administered after treatment. The population in this study is all students of grade IV in the primary school 1 Lamappoloware. Determination of class through technique of lottery, so class IVB as experiment class with student number 31 people while IVA as control class consisting of 31 student. The test used to find out critical thinking is essay-shaped. While for the mastery of the concept of science in the form of multiple choice with cognitive level C1-C4. The results showed that the model of problem based learning has an influence on the ability of critical thinking and mastery of the concept of science on the material properties of light class IV in the primary school 1 Lamappoloware. This can be seen in the mean ( ) critical thinking ability in the experimental class 74.19> 68.05 in the control class. This result is also based on hypothesis test of critical thinking ability that is 0.036 < 0.05 which means H0 is rejected which means there is difference of students' critical thinking ability on PBL class and conventional class. Meanwhile, to know the influence of mastery of science concept can be seen in the mean ( ) mastery of science concept in viii experiment class 81.14 > 71.96 in the control class. This is reinforced by the results of hypothesis test mastery of the concept of science is 0.002 < 0.05, then H0 rejected. That is, there are differences in mastery of students' science concepts in both classes. The result of research shows that the PBL has an effect on the ability of critical thinking and mastery concept of science. So researchers suggest to teachers and researchers further to apply of PBL on learning to improve the quality of education. ix

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63271

Actions (login required)

View Item View Item