Penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi / Erma Deffi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi / Erma Deffi Ratnasari

Ratnasari, Erma Deffi (2018) Penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi / Erma Deffi Ratnasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ratnasari Erma Deffi. 2018. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Tesis Konsentrasi Guru Kelas Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd Kata Kunci Model Make A Match Kartu Gambar Aktivitas Hasil Belajar Tematik SD Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di Kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi ditemukan bahwa (1) selama pembelajaran berlangsung siswa tidak antusias dalam menjawab pertanyaan dari guru (2) selama pembelajaran terdapat siswa mengobrol dengan teman sebangkunya (3) dalam mengajar guru kurang menggunakan kegiatan diskusi (4) guru banyak menggunakan metode ceramah selama pembelajaran (5) selama pembelajaran guru tidak menggunakan model pembelajaran (6) tempat duduk siswa hanya menghadap ke depan kelas (7) guru jarang menggunakan media pembelajaran (8) hasil belajar siswa rendah dan terdapat 17 siswa yang belum tuntas KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan model make a match berbantuan media kartu gambar yang di dalamnya siswa belajar dengan mencari pasangan kartu dibantu dengan media kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendekripsikan penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Metode penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas serta menggunakan siklus Kemmis Mc. Tagart. Pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Siklus I dengan 4 pertemuan dan Siklus II selama 2 pertemuan. Adapun tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesmpulan. Serta penghitungan data menggunakan kuantitatif. ii Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar oleh guru pada siklus I sebesar 82 3% meningkat pada siklus II menjadi 98 3%. Kemudian hasil penerapan model make a match berbantuan media kartu gambar oleh siswa pada siklus I sebesar 73 8% meningkat pada siklus II menjadi 95 1%. Pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan peningkatan tersebut terlihat pada siklus I sebesar 76 7% meningkat siklus II menjadi 91 8%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 70 8% meningkat siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model make a match berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Pandean 3 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Dengan demikian disarankan hendaknya guru menerapkan model make a match berbantuan media kartu gambar agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63270

Actions (login required)

View Item View Item