Wardhani, Intan Susetyo Kusumo (2018) Penerapan model Carousel feedback dan inside outside circle untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Ngadisuko Kabupaten Trenggalek / Intan Susetyo Kusumo Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardhani I.S. K. 2018. Penerapan Model Carousel Feedback dan Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Muatan IPA pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ngadisuko Kabupaten Trenggalek. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Kata Kunci carousel feedback inside outside circle motivasi belajar hasil belajar IPA Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN 1 Ngadisuko menunjukkan rendahnya motivasi belajar yang ditunjukkan dengan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran kurangnya keterkaitan materi pelajaran dengan pengalaman belajar siswa kepercayaan diri dalam siswa kurang kepuasan terhadap pembelajaran juga kurang. Selain itu hasil belajar siswa juga rendah ditunjukkan pada hasil nilai ulangan harian siswa muatan IPA bahwa siswa tuntas belajar sebanyak 9 siswa (45% diatas KKM) sedangkan sebanyak 13 siswa belum tuntas belajar (55% dibawah KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model carousel feedback dan inside outside circle pada muatan pelajaran IPA dan mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Ngadisuko melalui penerapan model carousel feedback dan inside outside circle. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Ngadisuko tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi tes angket (kuesioner) wawancara dan dokumen. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 mengenai keterlaksanaan model pada pertemuan 1 sebesar 73 33% pertemuan 2 sebesar 63 33% pertemuan 3 sebesar 78 33% dan pertemuan 4 sebesar 70 % mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus 2 pada pertemuan 1 pertemuan 2 pertemuan 3 pertemuan 4 sebesar 100%. Hasil angket motivasi belajar juga mengalami peningkatan yaitu persentase nilai rata-rata sebesar 79 15% pada siklus 1 meningkat menjadi 86 1% pada siklus 2. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 45% pada prasiklus menjadi 65% pada siklus 1 kemudian meningkat kembali menjadi 100% pada siklus 2. Peningkatan tersebut didukung dengan pernyataan siswa melalui hasil wawancara kepada siswa. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang mengikuti pembelajaran dengan penerapan model carousel feedback dan inside outside circle. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model carousel feedback dan inside outside circle dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas IV. Saran yang dapat diajukan yaitu sebaiknya guru-guru menerapkan model carousel feedback dan inside outside circle dalam mengajarkan pembelajaran tematik khususnya pada pembelajaran tematik muatan IPA. Selain itu bagi peneliti lain sebaiknya menjadikan penelitian ini sebagai acuan penelitian yang sejenis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63268 |
Actions (login required)
View Item |