Ni'mah, Nurun (2018) Analisis berpikir kritis mahasiswa PGSD dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif / Nurun Ni'mah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ni mah Nurun. 2018. Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD dalam Memecahkan Masalah Matemaika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci berpikir kritis pemecahan masalah matematika gaya kognitif reflektif impulsif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD dalam pemecahan masalah matematika yang masih perlu dikembangkan selama perkuliahan. Sebagai upaya melatih kemampuan berpikir kritis maka diperlukan informasi untuk mengetahui kriteria berpikir kritis mahasiswa PGSD. Berpikir kritis juga erat kaitannya dengan gaya kognitif yakni kecenderungan individu dalam memproses informasi ketika dihadapkan dalam proses pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa PGSD dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Adapun materi yang dipilih merupakan materi matematika SD yakni luas persegi dan persegi panjang serta operasi bilangan bulat. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis dokumen. Data yang dianalisis kemudian disajikan secara deskriptif berdasarkan kriteria berpikir kritis yaitu (1) klarifikasi (2) penilaian (3) penarikan kesimpulan dan (4) strategi. Subjek penelitian terdiri dari empat mahasiswa tahun pertama jurusan PGSD di STKIP PGRI Banjarmasin. Subjek dipilih berdasarkan hasil MFFT (Matching Familiar Figure Test) dan rekomendasi dari dosen pengampu mata kuliah matematika SD terkait kemampuan komunikasi yang baik. Instrumen yang digunakan yakni peneliti sebagai instrumen utama dan tes MFFT tes pemecahan masalah wawancara dan dokumentasi (rekaman audio dan video) sebagai instrument pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa berpikir kritis mahasiswa gaya kognitif reflektif (1) mampu memahami informasi yang diketahui dan ditanyakan terkait luas bidang datar dan bilangan pada konteks jarak serta mampu menjelaskan pemahamannya dari soal (2) mampu memilih informasi yang benar terkait konsep luas bidang datar dan operasi bilangan yang akan digunakan dalam pemecahan masalah dengan didasari alasan yang jelas (3) mampu menjelaskan hubungan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan konsep yang digunakan (4) mampu menggunakan konsep yang dipilih untuk memecahkan masalah dengan proses yang benar dan mampu menjelaskan setiap langkah yang digunakan sehingga mampu memberikan jawaban yang tepat. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa berpikir kritis mahasiswa gaya kognitif impulsif (1) mampu memahami informasi matematika yang diketahui dan ditanyakan terkait luas bidang datar dan bilangan pada konteks jarak serta mampu menjelaskan pemahamannya dari soal (2) mampu memilih informasi yang benar terkait konsep luas bidang datar dan operasi bilangan yang akan digunakan dalam pemecahan masalah didasari dengan alasan yang relevan (3) belum mampu menjelaskan hubungan antara informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan konsep-konsep yang digunkan sehingga langkah penyelesaian tidak tepat (4) belum mampu menggunakan konsep dalam proses pemecahan masalah dan penjelasan yang digunakan juga tidak relevan sehingga jawaban yang diberikan kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63263 |
Actions (login required)
View Item |