Ningtyas, Mega Pambudi (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif round table dan quick on the draw dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas IV SD Negeri Ngampel 01 Mejayan / Mega Pambudi Ningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ningtyas Mega. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Round T able dan Quick on the Draw dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Be lajar Siswa Pada Muatan IPS Kelas IV SD Negeri Ngampel 01 Mejayan .Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr . H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (2) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Kata Kunci Motivasi hasil belajar round table quick on the draw. Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara awa l pada guru dan siswa di kelas IV SD Negeri Ngampel 01 Mejayan dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran muatan IPS terdapat berbagai permasalahan. Permasalahan-permasalahan te rsebut diantaranya (a) pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa masih bersifat komuni kasi satu arah (b) sebagian besar siswa merasa ragu dan takut untuk mengeluarkan pendapatny a (c) terdapat beberapa siswa mengantuk bosan dan sering ijin keluar masuk kelas ketika gu ru menjelaskan materi pembelajaran (d) sebagian besar siswa cenderung tidak mau berkomunik asi dengan beberapa teman tertentu (e) ketika melaksanakan diskusi 1 atau 2 siswa yang te rlibat lainnya sering bermain-main sendiri. Permasalahan-permasalahan tersebut menunjukkan bahw a motivasi belajar siswa yang kurang maksimal. Disamping itu hasil UTS muatan IPS menun jukkan bahwa dari 45 siswa sebanyak 24 siswa (53 33%) memperoleh nilai di bawah KKM (tidak tuntas) dan hanya 21 siswa (46 67%) yang memperoleh nilai di atas KKM (tuntas). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa muatan IPS rendah. Penelitian tindakan ini dilaksanakan untuk memperb aiki motivasidan hasil belajar siswa kelas IV SD Ummu Aiman L SD Negeri Ngampel 01 Mejay an melalui model pembelajaran round table dan quick on the draw . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau yang sering dkenal dengan Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima pertemuan d engan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek peneli tian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 23 siswa perem puan dan 22 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi angket/kuesioner tes wawancara dan dokumentasi. Adapun kriteria keberha silan tindakan yang telah ditentukan pada penelitian ini adalah apabila motivasidan hasil bel ajar siswa mencapai persentase 8805 75% secara keseluruhan. Merujuk pada hasil analisis data penelitian tindak an yang telah dilaksanakan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 80 45% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 83% hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 83 26% dan hasil belajar IPS siswa mencapa i 70 45%. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan sehingga p erlu dilaksanakan perbaikan pada tindakan selanjutnya yaitu siklus II. Pada siklus II menunj ukkan bahwa hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 88 % dan keterlaksa naan pembelajaran oleh siswa sebesar 81 54%. Hasil analisis data angket motivasi belajar siswa mencapai 88 70% serta hasil belajar kognitif siswa muatan IPS pada siklus II sebesar 86 04%. Hasil analisis data pada siklus II tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan te lah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus atau tindakan selanjutnya. Merujuk pada hasil tindakan penelitian yang telah dilaksanakan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran round table dan quick on the draw dapat meningkatkan dan memperbaiki motivasi belajardan ha sil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Ngampel 01 Mejayan. Sehingga dapat diajukan sebagai saran bahwa guru-guru dapat menerapkan kedua model pembelajaran ini pada pembelajaran muat an IPS di kelas sebagai upaya untuk meningkatan motivasi siswa dan juga hasil belajarn ya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63261 |
Actions (login required)
View Item |