Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN Lesanpuro IV Kota Malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2018) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN Lesanpuro IV Kota Malang / Khusnul Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotimah Khusnul. 2018. PelaksanaanGerakanLiterasiSekolah(GLS) di SDN Lesanpuro IV Kota Malang. Tesis. Program StudiPendidikanDasar PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Prof. Dr. CholisSa dijah M.Pd. M.A. Kata Kunci pelaksanaan GLS masalahdalampelaksanaan GLS pencapaian GLS SD Penelitiantentangpelaksanaan GLS dilakukandengansasaranpenelitian yaitusiswa SDN Lesanpuro IV Kota Malang mulaikelas I hinggakelas VI. SDN Lesanpuro IV Kota Malang dipilihsebagaisasaranpenelitiankarenamerupakansekolahcenterdi wilayahSawojajardanmerupakansekolah yangsecaralangsungditunjukolehDinasPendidikan Kota Malang sebagaisekolahrintisanatausekolahpercontohan (wawancaratanggal 15 November 2017). Penelitianinidilakukanuntukmelihatpotretpelaksanaan GLS di sekolahtersebutsertauntukmengkajipelaksanaan GLS sesuaidenganPermendikbud No. 23/2105 terkaittahapanpelaksanaan GLS yaitutahappembiasaan pengembangandanpembelajaran masalah/kendala danpencapaian GLS. Ketigahaltersebut yang membedakanpenelitianinidenganpenelitiansebelumnya. Penelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus. Peranpenelitidalampenelitianini yaitusebagaiperancang pengumpul data penganalisis data penelitianhinggapenyusunanlaporanpenelitian. Olehkarenaitu penelititerjunlangsungke SDN Lesanpuro IV untukmengumpulkan data hinggapelaporanhasilpenelitian. Penelitiantentangpelaksanaangerakanliterasisekolahinidilaksanakan di SDN Lesanpuro IV yang beralamatkan di JalanDanauSingkarak KelurahanMadyopuro KecamatanKedungkandang Kota Malang. Teknikpengambilan data yang digunakandalampenelitianini yaituobservasi wawancara dandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanan GLS di SDN Lesanpuro IV Kota Malangbelumterlaksanasecara optimal karenaterdapatmasalah/kendaladalampelaksanaannya sehinggaberimplikasipadabelummunculnyagairahmembacasiswa yang berakibatpadabelummembudayanyakegiatanmembaca.Olehkarenaitu disarankankepadadinaspendidikandanpengelola GLS diantaranyayaitukepalasekolah guru pustakawan dan orang tuasiswadapatbekerjasamadenganbaikuntukmerencanakan program GLS denganmatang sehinggapelaksanaannyadapatterlaksanadengan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63260

Actions (login required)

View Item View Item