Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN Lesanpuro IV Kota Malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2018) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN Lesanpuro IV Kota Malang / Khusnul Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotimah, Khusnul. 2018. PelaksanaanGerakanLiterasiSekolah(GLS) di SDN Lesanpuro IV Kota Malang. Tesis. Program StudiPendidikanDasar, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd., (II) Prof. Dr. CholisSaÔÇÖdijah, M.Pd., M.A. Kata Kunci: pelaksanaan GLS, masalahdalampelaksanaan GLS, pencapaian GLS, SD Penelitiantentangpelaksanaan GLS dilakukandengansasaranpenelitian,yaitusiswa SDN Lesanpuro IV Kota Malang mulaikelas I hinggakelas VI. SDN Lesanpuro IV Kota Malang dipilihsebagaisasaranpenelitiankarenamerupakansekolahcenterdi wilayahSawojajardanmerupakansekolah yangsecaralangsungditunjukolehDinasPendidikan Kota Malang sebagaisekolahrintisanatausekolahpercontohan (wawancaratanggal 15 November 2017). Penelitianinidilakukanuntukmelihatpotretpelaksanaan GLS di sekolahtersebutsertauntukmengkajipelaksanaan GLS sesuaidenganPermendikbud No. 23/2105 terkaittahapanpelaksanaan GLS, yaitutahappembiasaan, pengembangandanpembelajaran, masalah/kendala, danpencapaian GLS. Ketigahaltersebut yang membedakanpenelitianinidenganpenelitiansebelumnya. Penelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus. Peranpenelitidalampenelitianini, yaitusebagaiperancang, pengumpul data, penganalisis data penelitianhinggapenyusunanlaporanpenelitian. Olehkarenaitu, penelititerjunlangsungke SDN Lesanpuro IV untukmengumpulkan data hinggapelaporanhasilpenelitian. Penelitiantentangpelaksanaangerakanliterasisekolahinidilaksanakan di SDN Lesanpuro IV yang beralamatkan di JalanDanauSingkarak, KelurahanMadyopuro, KecamatanKedungkandang, Kota Malang. Teknikpengambilan data yang digunakandalampenelitianini, yaituobservasi, wawancara, dandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanan GLS di SDN Lesanpuro IV Kota Malangbelumterlaksanasecara optimal karenaterdapatmasalah/kendaladalampelaksanaannya, sehinggaberimplikasipadabelummunculnyagairahmembacasiswa yang berakibatpadabelummembudayanyakegiatanmembaca.Olehkarenaitu, disarankankepadadinaspendidikandanpengelola GLS, diantaranyayaitukepalasekolah, guru, pustakawan, dan orang tuasiswadapatbekerjasamadenganbaikuntukmerencanakan program GLS denganmatang, sehinggapelaksanaannyadapatterlaksanadengan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63260

Actions (login required)

View Item View Item