Analisis kesalahan siswa bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Negeri Togogan 02 Kab. Blitar / Desy Dwi Riana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Negeri Togogan 02 Kab. Blitar / Desy Dwi Riana

Riana, Desy Dwi (2018) Analisis kesalahan siswa bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Negeri Togogan 02 Kab. Blitar / Desy Dwi Riana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Riana Desy Dwi. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Bergaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V SDN Togogan 02 Kab. Blitar. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M.Si (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata kunci analisis kesalahan field dependent soal cerita Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa bergaya kognitif field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Materi yang dipilih adalah operasi pecahan yang meliputi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Togogan 02 Kec. Srengat Kab. Blitar pada bulan Agustus s/d Oktober 2017. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas V yang telah menempuh materi operasi pecahan. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes GEFT (Group Embedded Figure Test) dan berdasarkan masukan guru terkait kemampuan komunikasinya. Instrumen yang digunakan digolongkan menjadi dua jenis yakni instrumen utama yakni peneliti dan instrumen pendukung yakni tes GEFT tes soal cerita wawancara dan dokumentasi. Siswa diminta mengerjakan tes GEFT untuk mengetahui golongan gaya kognitifnya selanjutnya siswa FD mengerjakan tes soal cerita dan terakhir diwawancara terkait hasil pekerjaannya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Kesalahan siswa yang muncul baik saat mengerjakan tes soal cerita maupun wawancara ditriangulasikan untuk memperoleh temuan kesalahan mengerjakan soal cerita yang kredibel. Selanjutnya hasil temuan digolongkan ke dalam empat kategori kesalahan yakni kesalahan faktual prosedural konseptual dan kecerobohan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi kesalahan faktual dalam memaknai istilah atau simbol kesalahan mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal cerita serta ketidakmampuan mengidentifikasi keseluruhan pecahan (2) terjadi kesalahan prosedural dalam menuliskan kalimat matematika kesalahan menyamakan penyebut dalam operasi pengurangan dan penjumlahan pecahan serta kesalahan menentukan langkah penyelesaian soal (3) terjadi kesalahan konseptual karena ketidakpahaman siswa mengenai hubungan antar konsep operasi pecahan sehingga tidak mampu menyebutkan alasan menggunakan operasi yang dipilih dalam menyelesaikan soal (4) kesalahan karena kecerobohan terjadi dalam penulisan informasi yang terdapat dalam soal serta kecerobohan dalam penulisan hasil akhir. 8195 SUMMARY Riana Desy Dwi. 2017. Analysis of Field Dependent Student Error in Solving Mathematics Word Problem Grade V SDN Togogan 02 Kab. Blitar. Thesis Department of Primary Education and Elementary Mathematics Concentration Magister Program State University of Malang. Advisors (I) Dr. Susiswo M.Si (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Keywords error analysis field dependent word problem This study aims to describe the types of Field Dependent (FD) students errors in solving mathematical word problem. The topic is a fraction operation that includes addition and subtraction. This research uses qualitative approach and analyzed descriptively. This research was conducted at SD Negeri Togogan 02 Kec. Srengat Kab. Blitar in August to October 2017. The subjects of the study consisted of four students grade V who have studied fraction operation topic. Subjects were selected based on the results of the GEFT (Group Embedded Figure Test) and based on teacher recommendation related to their communication skill. Instruments used are classified into two categories the main instrument is researchers and supporting instruments are GEFT word problem interviews and documentation. Students asked to do GEFT to know the cognitive style category and then the FD students do the test about fractional word problem and the last interviewed related to the results of their performance in solving the fractional word problem. Student errors that occurred when doing the word problem and interview analyzed with triangulation method to find credible data about solving error in fractional word problem. Furthermore the findings are classified into four categories of errors they are factual error procedural error conceptual error and carelessness. The results showed that (1) there was a factual error in interpreting terms or symbols misidentification of what was known and asked in the word problem and the difficulty to identify the whole fraction (2) procedural errors occur in writing mathematic sentences equalizing denominator error in addition and subtraction operation of fractions and the error of determining the problem solving step (3) there is a conceptual error because of the student s lack of understanding relationship between the fraction operation concepts so they can t explain the reasons what operation chosen in solving word problem (4) carelessness occur in writing the information contained in the word problem and carelessness in writing the final result.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63259

Actions (login required)

View Item View Item