Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate / Rahmania M. Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate / Rahmania M. Ahmad

Ahmad, Rahmania M. (2018) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate / Rahmania M. Ahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmad M. Rahmania 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ternate. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (2) Dr. Lia Yuliati M. Pd Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah keterampilan proses sains penguasaan konsep pencemaran lingkungan Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai sebuah fokus untuk dipelajari. Pembelajaran ini lebih berbasis kepada sebuah penyelidikan terhadap asalah-masalah yang terjadi dilingkungan sekitar siswa dan kemudian dihubungkan dengan konsep pembelajran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pembelajaran ini menggunkan masalah sebagai sebuah titik fokus dalam pembelajaran sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan proses sains yang dimilikinnya maupun konsep materi tentang pencemaran lingkungan yang diajarkan. Indikator keterampilan proses sains yang harus dikembangkan siswa yaitu merumuskan masalah merumuskan hipotesis merencanakan penyelidikan /eksperimen melakukan penyelidikan/eksperimen mengamati mengukur menginterpretasikan data mengkomunikasikan memberi kesimpulan dan membuat laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ternate. Metode penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang pada penelitian ini terdiri atas 12 kelas dengan jumlah siwa 398 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Sampling sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas VII A sebagai kelas dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah yang terdiri dari 30 siswa dan kelas B dengan penerapan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 30 orang siswa. Intrumen peneltian yang digunakan yaitu soalsoal tes dalam bentuk esay dan tes unjuk kerja berupa rubrik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Pada penelitian ini hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ternate. Untuk mengetahui sebarapa besar pengaruhnya dapat dilihat pada nilai rerata ( ) keterampilan proses pada pembelajaran berbasis masalah yaitu 0 5843 0 1490 pada pembelajaran konvensional. Hasil ini juga diperkuat oleh hasil uji hipotesis keterampilan proses sains siswa yaitu 0 00 0 05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan nilai keterampilan proses sains antara pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk mengetahui sebErapa besar pengaruh pembelajaran berbasis masalahterhadap penguasaan konsep dapat dilihat pada nilai rerata ( ) keterampilan proses pada pembelajaran berbasis masalah yaitu 0 5087 0 3313 pada pembelajaran konvensional. Hasil penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan juga diperkuat oleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa pada pembelajaran berbasis masalah hasil yang diperoleh yaitu 0 00 0 05 dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada perbedaan nilai penguasaan konsep siswa antara pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan penuasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sehingga peneliti menyarankan kepada peneliti dan guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah yang lebih mengarah kepada penyelidikan sehingga siswa dapat dilatih untuk dapat menghubungkan masalah-masalah yang terdapat dilingkungan sekitar dengan konsep pembelajaran agar pembelajaran tersebut menjadi lebih bermakna dan siswa dapat melakukan penemuan secara mandiri maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63255

Actions (login required)

View Item View Item