Raudha, Aliza (2018) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan (studi multikasus di SDN Jember Lor 03 dan SD Al-Fuqan Jember) / Aliza Raudha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Raudha Aliza. 2017. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi di Sekolah Dasar Unggulan (Studi Multi Kasus di SDN Jember Lor 03 dan SD Al Furqan Jember). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (2) Dr. Syamsul Hadi M.Pd. M.Ed. Kata Kunci kepala sekolah pemimpin manajer supervisor sekolah unggulan Sekolah unggulan adalah sekolah memiliki standar tinggi pada prestasi akademis dan mempunyai suatu kultur yang berorientasi tujuan ditandai dengan adanya rumusan visi yang ditetapkan dan dipromosikan bersama antara tenaga kependidikan lembaga dan para siswa. Salah satu faktor penentu tercapainya prestasi sekolah adalah peran kepala sekolah. Berdasarkan konteks tesebut maka peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan (2) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan dan (3) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar ungggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SDN Jember Lor 03 dan SD Al Furqan Jember dengan menggunakan rancangan Studi Multi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalan (indepth interview) (2) observasi partisipan (participant observation) dan (3) studi dokumentasi (study document). Informan dipilih dengan menggunakan teknik pusposive sampling. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah beberapa guru dan petugas tata usaha. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diorganisir ditafsirkan dan di analisis dalam bentuk data kasus tunggal untuk selanjutnya ditarik temuan akhir berdasarkan analisis lintas kasus. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi verifikasi data/cross check dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan yaitu (a) membangun sukses melalui komitmen dan dedikasi (b) mengarahkan tenaga pendidik melalui berbagai pembinaan (c) menjadi teladan dalam disiplin (d) menggunakan gaya kepemimpinan transformasional dalam berkomunikasi (e) menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif dalam pengambilan keputusan (f) melakukan berbagai inovasi agar sekolah yang dipimpin menjadi adaptif terhadap kebutuhan kemajuan perkembangan dan harapan masyarakat kekinian (g) sebagai motivator bagi siswa dan guru untuk berkompetisi (d) sebagai apresiator bagi prestasi siswa dan guru. Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan yaitu (a) membentuk struktur organisasi dalam menjalankan tugas manajerial (b) dalam setiap rapat berperan sebagai disseminator (c) mengadakan rapat rutin agar tercapai manajemen mutu terpadu pendidikan (d) melakukan pengawasan terhadap administrasi kelas (e)melakukan tertib administrasi bagi guru kelas dan (f) melakukan desentralisasi pendidikan yang ditopang oleh akuntabilitas. Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan yaitu (a) membentuk tim khusus yang dianggap memahami kondisi sekolah untuk membantu tugas supervisi (b) melakukan obsevasi pembelajaran yang berlangsung setiap hari (c) melakukan monitoring yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran (d) melakukan penilaian yang menyangkut rencana pembelajaran yang dibuat guru pelaksanaan pembelajaran dikelas kesesuaian pembelajaran dengan rencana pembelajaran dan pemanfaatan media dan metode yang digunakan (e) meningkatkan prestasi dengan memberikan demostrasi/simulasi pembelajaran bagi guru di kelas (f) melakukan evaluasi bersama guru sebagai instrospeksi diri (g) supervisi memberi dampak pada penilaian bagi guru baik dalam hal prilaku cara bekerja sama maupun kinerja. Saran peneliti (a) bagi kepala sekolah SDN Jeber Lor 03 dan SD Al Furqan hendaknnya dapat terus mempertahankan prestasi yang telah diraih (b) bagi para kepala sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi dalam meningkatkan prestasi agar sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang unggul (c) bagi para guru agar hasil penelitian ini dapat menjadi motivasi dalam menyelesaikan tugas dan mengembangkan prestasi sekolah (d) bagi orang tua diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam menyekolahkan anaknya di sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah yang tepat (e) bagi pengelola pendidikan temuan ini dapat dikelola dengan baik agar dapat digunakan sebagai acuan peran kepemimpinan kepala sekolah (f) bagi pengembang pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu khususnya bidang keilmuan kepemimpinan pendidikan manajemen pendidikan dan supervisi pendidikan serta (g) bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan konteks yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63248 |
Actions (login required)
View Item |