Pengaruh model Group Investigation (GI) berbasis outdoor study terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Pemurus Baru 1 Banjarmasin / Rizki Yuanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Group Investigation (GI) berbasis outdoor study terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Pemurus Baru 1 Banjarmasin / Rizki Yuanita

Yuanita, Rizki (2018) Pengaruh model Group Investigation (GI) berbasis outdoor study terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Pemurus Baru 1 Banjarmasin / Rizki Yuanita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Yuanita Rizki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Outdoor Study Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SDN Pemurus Baru 1 Banjarmasin. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) (Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Pembimbing (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata kunci Group Investigation (GI) Outdoor Study aktivitas hasil belajar Penelitian ini didasarkan pentingnya tiga ranah dalam aspek hasil belajar diantaranya adalah ranah pengetahuan (kognitif) sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik). Namun pada kenyataannya pada ranah pengetahuan (kognitif) dan ranah (afektif) masih perlu diperbaiki. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan model pembelajaran yang dikolaborasikan dengan pendekatan. Dalam hal in peneliti menggunakan model GI berbasis outdoor study. Model GI dipilih karena model ini mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok dan melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Sedangkan pendekatan outdoor study dipilih karena strategi pembelajaran ini yang memberikan pengalaman langsung (direct experience) kepada siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model GI berbasis outdoor study terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA Pengaruh model GI berbasis outdoor study terhadap hasil belajar pada siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SDN Pemurus Baru 1 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimenal Design dengan bentuk Nonequivalent control grup design yaitu terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. dengan subjek berjumlah 52 orang. Data aktivitas belajar siswa didapatkan melalui observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Dan hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda. dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model GI berbasis outdoor study hal ini dikbuktikan dengan adanya peningkatan 2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model GI berbasis outdoor study mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini berarti model GI berbasis outdoor study lebih baik (ada perbedaan positif) dari pada pembelajaran konvensional (diskusi). Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yang menunujukan bahwa nilai T hitung (3.557) t table (2 009) dan nilai signifikansi (0 001) alpha (0.050) sehingga terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap peningkatan nilai hasil belajar (gain score). Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari nilai t hitung (2 116) t tabel (2 009) dan nilai signifikansi (0 039) alpha (0.050) sehingga terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63245

Actions (login required)

View Item View Item