Fitriah, Rina (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) variasi kartu panggilan terhadap motivasi dan hasil belajar kelas IV SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin / Rina Fitriah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriah Rina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Variasi Kartu Panggilan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas IV SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin . Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. Pembimbing II Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci motivasi belajar hasil belajar pembelajarn kooperatif STAD kartu panggilan. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 siswa dituntut lebih aktif mengeksplorasi kemampuan individu pada saat proses pembelajaran. Tugas gurulah yang menjadi fasilitator dan harus pandai memancing agas siswa bisa aktif. Agar siswa bisa aktif perlu adanya sebuah dorongan untuk bisa aktif dalam proses pembelajaran. Siswa yang berkemampuan lebih baik cenderung mendominasi partisipasi dan kecenderungan siswa pasif didominasi oleh siswa yang berkemampuan rendah. Variasi pembelajaran yang masih kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengangkat keadaan faktual ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif STAD Variasi Kartu panggilan terhadap motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (posttest only untuk motivasi belajar dan pretest and posttest untuk hasil belajar). Adapun subjek adalah siswa kelas IV SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018 pada semester I dengan jumlah siswa 66 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes evaluasi untuk hasil belajar serta lembar observasi guru. Data dianalisis secara kuantitatif deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD variasi kartu panggilan berpengaruh terhadap variabel motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji-t Independent Sample Test untuk motivasi belajar menunjukkan perbedaan signifikan yang ditandai dari p-value 0.05. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan perbedaan signifikan yang ditandai dari p-value 0.05. Berdasarkan hasil temuan penelitian dan temuan tambahan dalam penelitian ini disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD variasi kartu panggilan dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih dan perancangan pembelajaran yang akan diterapkan di kelas sebagai upaya dalam menciptakan perbaikan peningkatan motivasi hasil belajar serta aktivitas siswa serta peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63241 |
Actions (login required)
View Item |