Padang, Yosepina Dua (2018) Pengembangan bahan ajar IPA SMP kelas VIII berbasis inkuiri terbimbing pada materi getaran, gelombang dan bunyi untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa / Yosepina Dua Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Padang Yosepina Dua. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Kelas VIII Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Munzil Arief M.Si. (2) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Pemahaman Konsep Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi mereka agar mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah yang seharusnya dilaksanakan secara inkuiri (scientific inquiry). Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk berinkuiri dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define design develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang berupa buku siswa dan buku guru. Bahan ajar telah divalidasi oleh ahli materi dan pembelajarannya desain pembelajaran dan praktisi pembelajaran. Bahan ajar diuji keterbacaan oleh 6 orang siswa yang telah mempelajari materi Getaran Gelombang dan Bunyi. Keefektifannya Bahan ajar diukur dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa. Hasil validasi bahan ajar oleh validator ahli materi dan ahli desain pembelajaran dengan persentase 86 26% dan 86 05% yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hasil uji keterbacaan oleh siswa dengan persentase 91 96% menunjukkan bahwa bahan ajar valid sehingga dapat digunakan. Keefektifan bahan ajar terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa setelah diberi perlakuan menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen dengan persentase 80 13 % dan kelas kontrol dengan persentase 66 90 %. Keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Secara keseluruhan bahan ajar yang telah dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63240 |
Actions (login required)
View Item |