Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA siswa kelas V SDN Indrasari 2 Martapura / Dina Aulia

Aulia, Dina (2018) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA siswa kelas V SDN Indrasari 2 Martapura / Dina Aulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aulia Dina. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Indrasari 2 Martapura. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Dra. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci discovery learning pemahaman konsep Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep belajar ilmu pengetahuan alam siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa sulit memahami materi yang diajarkan dengan pembelajaran yang klasikal siswa lebih mengharapkan penjelasan utama dari guru tentang materi yang diberikan daripada mengalinya sendiri. Menurut hasil wawancara terhadap guru wali kelas v dapat disimpulkan bahwa siswa memerlukan cara belajar yang berbeda dalam pemahaman konsep belajar IPA. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA siswa diperlukan strategi ataupun alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemahaman konsep belajar IPA dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas V SDN Indrasari 2 Martapura dengan jumlah siswa dikelas tersebut adalah 24 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan pada tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian didapatkan dari hasil penelitan pada Siklus I dan SIklus II dengan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi terhadap guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Dengan indikator keberhasilan belajar KKM individu 75 dan KKM Klasikal 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning telah meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA materi sistem organ pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN Indrasari 2 Martapura. Terlihat dari meningkatnya penilaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi kenaikan yaitu pada siklus I secara rata-rata kelas mencapai 75 58 dan secara klasikal 95 83%. Meningkat pada siklus II secara rata-rata kelas mencapai 82 29 dan secara klasikal mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa di setiap pertemuan aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan baik aktivitas secara ratarata kelas maupun berdasarkan aktivitas siswa secara klasikal.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat simpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA siswa yang terlihat dari dapatnya meningkatkan efektifitas guru dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar dan tingkat pemahaman siswa yang mampu menggunakan penjelasan dengan kalimatny

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63239

Actions (login required)

View Item View Item