Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kliping terhadap kemampuan membaca sekilas pada siswa kelas 4 SDN Kandangan Kota 2 / Erliyani Yusuf. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kliping terhadap kemampuan membaca sekilas pada siswa kelas 4 SDN Kandangan Kota 2 / Erliyani Yusuf.

Yusuf, Erliyani (2018) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kliping terhadap kemampuan membaca sekilas pada siswa kelas 4 SDN Kandangan Kota 2 / Erliyani Yusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erliyani Yusuf. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Kliping Terhadap Kemampuan Membaca Sekilas Pada Siswa Kelas 4 Sdn Kandangan Kota 2 .Tesis S2 Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si Pembimbing II Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. M.A. Kata Kunci Membaca Sekilas Media Kliping Problem Based Learning (PBL) Dalam perkembangan pendidikan saat ini siswa dituntut dapat memberikan gagasan-gagasan baru dengan menemukan jawaban terhadap suatu masalah pada pilihan yang rumit siswa dapat menalar dengan baik berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa dengan mandiri mampu mengungkapkan dan menganalisanya. Hal tersebut dilakukan dengan bantuan berbagai informasi.Oleh karena itu perlu digunakan model PBL berbantuan media kliping yang mampu memberikan inovasi guna meningkatkan kemampuan membaca sekilas siswa. Kliping disini berguna untuk membantu siswa mengorganisir informasi dengan tema yang sama. Jenis penelitian yang digunakan pada tesis ini adalah Quasi Experiment dengan desain pre-posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas 4 SDN Kandangan Kota 2 tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 21 orang pada kelas kontrol dan 21 orang pada kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberikan 3 kali perlakuan. Pada pertemuan pertama guru memberikan apersepsi dan membuat media kliping. Pada pertemuan kedua guru bersama siswa melakukan proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan kliping. Pada pertemuan ketiga guru memberikan posttest. Sedangkan pada kelas kontrol seperti pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah yaitu pendekatan saintifik kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil posttest kelas control dibandingkan dengan hasil pretest mengalami peningkatan rerata sebesar 8 9. Kemudian pada kelas eksperimen mengalami peningkatan rerata sebesar 15 2. Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan nilai kemampuan membaca sekilas antara kelompok eksperimen dan kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media klipin terhadap kemampuan membaca sekilas siswa. Adapun saran yang dikemukakan peneliti agar model pembelajaran ini dapat diterapkan pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan memperhitungkan meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63238

Actions (login required)

View Item View Item