Komparasi hasil belajar dan sikap sosial pada pembelajaran think pair share berbantuan video dengan pembelajaran konvensional di SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang / Adam Bolnifu Benu

Benu, Adam Bolnifu (2018) Komparasi hasil belajar dan sikap sosial pada pembelajaran think pair share berbantuan video dengan pembelajaran konvensional di SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang / Adam Bolnifu Benu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Benu Adam Bolnifu. 2017. Komparasi Hasil Belajar Dan Sikap Sosial Pada Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Video Dengan Pembelajaran Konvensional Di SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Prof. Dr. MH. Zainudin M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran Think Pair Share Video Pembelajaran Konvensional Sikap Sosial dan Hasil Belajar. Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran di Sekolah Dasar. TPS terdiri dari tiga fase yaitu 1) berpikir 2) pasangan dan 3) berbagi. Model pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pada sekolah lokasi penelitian. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku berupa pengetahuan dan keterampilan sebagai pengalaman individu berinteraksi dengan lingkungan. Sikap sosial merupakan keadaan internal siswa untuk merspon positif atau negatif terhadap objek sosial. Penelitian komparatif ini menggunakan rancagan preetest-posttest control group design. Subjek penelitian yakni seluruh siswa kelas V SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang terdiri dari dua kelas paralel sebanyak 52 siswa. Sampel Kelas TPS dan konvensional ditentukan dengan Randome-Sampling. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes data sikap sosial diperoleh menggunakan skala sikap. Data dianalisis dengan Uji Indeprudent-ttest pada taraf signifikansi 5%. Penelitian bertujuan (1) Menguji perbedaan hasil hasil belajar siswa pada penggunaan model TPS berbantuan video dan model konvensional dan (2) Menguji perbedaan sikap sosial siswa penggunaan model TPS berbantuan video danpembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukan 1) Nilai probabilitas (p) hasil belajar 0.01 Sig- 945 0.05 2) Nilai probabilitas (p) sikap sosial 0. 048 sig 945 0.05. 3) Gian score Hasil belajar siswa kelas TPS lebih besar 5.59 (24.73%) dari gian score hasil belajar siswa kelas konvensional. Sikap sosial siswa kelas TPS lebih besar 26.90% dari sikap sosial siswa kelas konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelompok model TPS dan model konvensional 2) Terdapat perbedaan sikap sosial siswa pada kelompok model TPS dan model konvensional. 3) Model pembelajaran TPS lebih unggul atas model konvesional dalam mengembangkan hasil belajar kognitif dan sikap sosial positif siswa.ABSTRACT Benu Adam Bolnifu. 2017. Comparative learning outcomes and social attitudes on learning Think Pair Share assistanced with Conventional learning in SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang. Thesis. Basic Education Study Program Graduate Program of State University of Malang. Counselor (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Prof. Dr. MH. Zainudin M.Pd. Keywords Think Pair Share Model Video Conventional Learning Social Attitude and Learning Outcomes. Think Pair Share (TPS) is one of learning models in Elementary School. TPS consists of three phases 1) Think 2) Pair and 3) Share. The conventional learning model is the learning model that used in the school of research location. Learning outcomes are behavioral changes form individual s experience interacts with the environment as an knowledge and skills. Social attitude is the internal state of students to respond positively or negatively to social objects. This comparative study uses preetest-posttest control group design. Subjects of this research are all students of grade V SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang consisting of two parallel classes as many as 52 students. TPS and conventional class samples are seleccting by Randome Sampling. Data of learning outcomes obtained by test data of students social attitude obtained by attitude scale. Data were analyzed by Indeprudent t test at 5% significance level. The porpuse of the research are (1) To examine difference of students learning outcomes on the use of video assisted TPS models and conventional models and (2) To examine differences in students social attitudes on the use of TPS models with video and conventional learning. The results of the analysis show 1) probability value (p) learning result 0.01

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63237

Actions (login required)

View Item View Item