Penerapan model Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN Cindai Alus 1 Martapura / Amalia Brendawati Habel

Habel, Amalia Brendawati (2018) Penerapan model Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN Cindai Alus 1 Martapura / Amalia Brendawati Habel. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Habel, Amalia Brendawati. 2017. Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Siswa Kelas IV SDN Cindai Alus 1 Martapura. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis SaÔÇÖdijah., M.Pd., M.A. Pembimbing (II) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write, kemampuan pemecahan soal cerita matematika Pembelajaran matematika di SDN Cindai Alus 1 Martapura siswa masih mengalami kendala dalam pemecahan masalah. Kondisi tersebut terlihat dari hasil observasi guru yang dilakukan pada tanggal 10-15 Februari 2017 masih banyalk siswa yang sulit memecahkan soal cerita matematika, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Cindai Alus 1 Martapura tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pada tahap ini peneliti melaksanakan empat tahapan penelitian dalam siklus yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamantan (observing), dan refleksi (reflecting). Data dan sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil lembar observasi (aktivitas guru dan siswa), hasil kerja siswa di LKS, hasil wawancara, dan hasil tes akhir siklus 3. Tindakan penelitian dikatakan berhasil jika kegiatan pembelajaran TTW mencapai 80% atau kategori baik. Hasil penelitian dari penerapan pembelajaran Think Talk Write telah tercapai pada siklus ke 3 ada peningkatan belajar yaitu pada siklus 1 menunjukkan 49%, pada siklus 2 meningkat menjadi 65% belum memenuhi kriteria ketuntasan, dan pada siklus 3 menunjukkan adanya ketuntasan sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write dapat meningkatkan pemecahan soal cerita matematika siswa Kelas IV SDN Cindai Alus 1 Martapura. Pada penelitian ini terbukti bahwa siswa yang pada awalnya tidak percaya diri saat akan mengerjakan soal matematika dan tidak ada motivasi untuk belajar matematika karena sudah berprasangka bahwa matematika itu sulit, sangat terbantu dengan adanya model Think Talk Write. Model pembelajaran. Pada model pembelajaran Think Talk Write ini siswa terdorong untuk berpikir dan terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar. Bagi peneliti yang ingin meneliti kemampuan pemecahan soal cerita matematika hendaknya dapat mengembangkan pada materi yang lain yang lebih komplek dengan memperhatikan materi prasyarat, penggunaan waktu dan tempat duduk siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63225

Actions (login required)

View Item View Item