Pengalaman guru terhadap implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintek dalam kurikulum 2013 di SDN se-Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Jeffry Anggy Lukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengalaman guru terhadap implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintek dalam kurikulum 2013 di SDN se-Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Jeffry Anggy Lukmana

Lukmana, Jeffry Anggy (2016) Pengalaman guru terhadap implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintek dalam kurikulum 2013 di SDN se-Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Jeffry Anggy Lukmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukmana Jeffry Anggy. 2016.Pengalaman Guru TerhadapImplementasiPembelajaranDenganPendekatanSaintifikDalamKurikulum 2013 Di SDN Se-Gugus II KecamatanKedungkandang Kota Malang.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. HeruAgus TriWidjaja M.Pd. (II) Drs. AchmadTaufiq M.Pd. Kata Kunci Pengalaman ImplementasiPembelajaran PendekatanSaintifik SekolahDasar Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasidanwawancara peneliti pada pembelajaran denganPendekatanSaintifik diperoleh data bahwa dalampembelajarandenganpendekatansaintifikpadaKurikulum 2013 guru mengalamikendaladalammelakukanpembelajarankhususnyadalammenerapkanlangkah yang kelimayaitumengomunikasikan. Kendaladalampembelajarandenganpendekatansaintifikjugadialami guru dalamhalpenilaian.BerdasarkanpernyataansebelumnyadiperlukanpenelitiantentangimplementasipembelajarandenganpendekatansaintifikpadaKurikulum 2013 yang dilakukanoleh guru di SDN se-Gugus II KecamatanKedungkandang Kota Malang. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahdeskriptifkuantitatif.Populasipenelitianadalah guru kelas III dan VI di SDN se-Gugus II KecamatanKedungkandang Kota Malang yang berjumlah 16 guru dankesemuanyaditetapkansebagaisampel.Pengumpulan data digunakanteknikkuesionerdanteknikdokumentasi.Data yang terkumpuldianalisissecaradeskriptifkuantitatifdandisajikandalambentuktabeldan diagram. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa perencanaanpembelajarandenganpendekatansaintifiktergolongsangatbaik (SB) pelaksanaanpembelajarandenganpendekatansaintifiktergolongsangatbaik (SB) kualifikasitersebutdilihatdari (1) Kegiatanmengamatitergolongselalu (2) Kegiatanmenanyatergolongselalu (3) Kegiatanmengumpulkaninformasi/mencobatergolongsering (4) Menalar/mengasosiasitergolongselalu (5) mengomunikasikantergolongselalu (6) pemanfaatansumberdansaranapendidikantergolongsering danpenilaianpembelajarandenganpendekatansaintifiktergolongsecarakeseluruhantergolongbaik (B) kualifikasitersebutdilihatdari (1) penilaiansikaptergolongsering (2) penilaianpengetahuantergolongselalu (3) penilaianketerampilantergolongselalu. Berdasarkan data diatasbawahimplementasipembelajarandenganpendekatansaintifikpadaKurikulum 2013 di SDN se-Gugus II KecamatanKedungkandang Kota Malang tergolongdalamkategorisangatbaik (SB). Guru disarankan untuk dapatmeningkatkankemampuandalamhalperencanaan pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperluas jangkauan penelitian agar diperoleh hasil yang lebih representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item