Pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah fisika pada materi elastisitas dan gerak harmonis sederhana / Deltha Yuwita Nirwanasar. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah fisika pada materi elastisitas dan gerak harmonis sederhana / Deltha Yuwita Nirwanasar.

Nirwanasari, Deltha Yuwita (2017) Pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah fisika pada materi elastisitas dan gerak harmonis sederhana / Deltha Yuwita Nirwanasar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nirwanasari Deltha Yuwita. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Fisika Pada Materi Elastisitas Dan Gerak Harmonis Sederhana. Tesis. Program Studi Pendidikan fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M. Pd (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata kunci discovery learning penguasaan konsep kemampuan penyelesaian masalah. Salah satu materi dalam pelajaran fisika adalah elastisitas dan gerak harmonis sederhana. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam materi elastisitas dan gerak harmonis sederhana. Kesulitan siswa dalam memahami elastisitas dan gerak harmonis sederhana disebabkan karakteristik dari materi dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah. Banyak siswa mengalami kesulitan untuk memahami konsep fisika rendahnya pemahaman konsep siswa ini dapat menyebabkan kemampuan penyelesaian masalah fisika yang kurang. Discovery learning merupakan pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan suatu konsep yang diperoleh dengan melakukan percobaan dan dianggap cocok untuk mengatasi permasalahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK NU tahun ajaran 2016/2017. Kelas X TKR sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol menggunakan konvensional. Materi dalam penelitian ini adalah elastisitas dan gerak harmonis sederhana. Pengambilan data untuk pemahaman konsep siswa dan kemampuan penyelesaian masalah diperoleh dari posttest. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA satu jalur dengan berbantuan SPSS for Windows16. Berdasarkan analisis data diketahui nilai rata-rata penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kelas kontrol. Hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang kurang dari 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kemampuan penyelesaikan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional. ABSTRACT Nirwanasari Deltha Yuwita. 2017. The effects of the Discovery Learning Model on The Concept understanding and Problem Solving skill In Elasticity and Simple Harmonic Motion. Thesis. Physics Education Study Program Graduate School of Universitas Negeri Malang. Counselor (I) Dr. Wartono M. Pd (II) Dr. Sutopo M.Si. Keywords discovery learning concept acquisition problem solving skills students initial ability. One of the materials in physics is elasticity and simple harmonic motion. Some studies reveal that students still have difficulty in elasticity and simple harmonic motion. Difficulties of students in understanding the elasticity and simple harmonic motion due to the characteristics of the material and problem solving skills of students who are still low. Many students have difficulty to understanding the concepts of physics students who lack understanding of the concept can lead to low physics problem solving ability. Discovery learning makes students find a concept that was obtained by conducting experiments and are considered suitable for overcoming the problems of students. The purpose of this study is to determine the effect of discovery learning model on mastery of concepts and problem solving skills of students. This research uses quasi experiment method. The subject of this research is the students of class X SMK NU academic year 2016/2017. Class X TKR as experiment class and class X TKJ as control class. The experimental class uses a discovery learning model and control class uses conventional learning. The material used in this research is elasticity and simple harmonic motion. Collecting data on students understanding of the concept and problem solving abilities obtained from the posttest. Data analysis was performed by ANOVA test with SPSS for Windows16 assisted. The result of the research shows that the students concept of experimental class is higher than the control class. Ability to solve student problems of experiment class higher than a conventional class. The result of the hypothesis analysis shows a significance value less than 0 05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63218

Actions (login required)

View Item View Item