Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa melalui strategi pembelajaran learning cyle 5E pada materi gaya dan gerak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wawonii Barat / Arman - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa melalui strategi pembelajaran learning cyle 5E pada materi gaya dan gerak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wawonii Barat / Arman

Arman (2017) Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa melalui strategi pembelajaran learning cyle 5E pada materi gaya dan gerak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wawonii Barat / Arman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arman. 2017. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Strategi Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Gaya dan Gerak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wawonii Barat. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si (2) Dr. Parno M.Si Kata Kunci Learning Cycle 5E Penguasaan Konsep Keterampilan Proses Sains Gaya dan Gerak Hukum Newton. Topik gaya dan gerak merupakan topik yang sangat penting dalam pembelajaran fisika dan merupakan dasar untuk dapat memahami topik lain sehingga siswa diharapkan dapat menguasai topik ini dengan baik. Untuk dapat memahami topik ini dibutuhkan pembelajaran yang lebih bermakna dan dapat dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa pada topik gaya dan gerak dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental dengan kualitatif berfungsi mendukung data kuantitatif. Data kuantitatif berupa nilai pretest dan posttest dan dianalisis menggunakan paired sample t-test N-gain dan effect size.. Data kualitatif berupa jawaban bebas siswa pada pretest dan posttest wawancara siswa dan observasi selama kegiatan pembelajaran dan dianalisis dengan reduksi serta interprestasi data. Instrumen penelitian ini adalah tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda berjumlah 17 butir soal dengan reliabilitas 0 83 dan tes keterampilan proses sains berupa bentuk tes pilihan ganda berjumlah 6 butir soal dengan reliabilitas 0 63. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Wawonii Barat tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Learning Cycle 5E dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa (p 0 000) dengan N-gain sebesar 0 37 (kategori sedang) dan effect size sebesar 0 716 (kategori sedang) (2) Learning Cycle 5E dapat meningkatkan KPS siswa (p 0 000) dengan N-gain sebesar 0 63 (kategori sedang) dan effect size sebesar 0 598 (kategori sedang). Berdasarkan hasil analisis kritis terhadap hasil pada proses pembelajaran kekurangan yang masih ditemukan dalam penelitian ini adalah siswa belum mampu menjelaskan setiap fenomena dengan baik siswa masih cenderung mempertahankan konsep awal mereka meskipun bertentangan dengan hasil eksperimen siswa masih kurang mampu dalam menginterprestasi data siswa masih lemah dalam persamaan matematis dan siswa masih kurang dalam menguasai konsep jika diperhadapkan pada situasi yang baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63216

Actions (login required)

View Item View Item