Aries, Sofya (2017) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran IPS tema indahnya keragaman di negeriku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar / Sofya Aries. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aries Sofya. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPS. Hasil analisis kebutuhan di SDN Kotalama 2 Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPS belum memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia. Sekolah memiliki fasilitas teknologi seperti komputer laptop dan LCD. Sumber belajar yang digunakan guru adalah buku siswa yang dibagi oleh pemerintah sehingga belum ada media penunjang lainnya. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran IPS khususnya pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku karena keterbatasan kemampuan dan minimnya sumber belajar yang dimiliki. Tujuan pengembangan multimedia adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pembelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV sekolah dasar yang dalam efektifitasnya layak. Produk multimedia interaktif diharapkan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan Lee Owens (2004) yang menggunakan 5 tahap pengembangan yakni (1) analisis kebutuhan (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Kelayakan produk didapatkan dari hasil validasi multimedia dan uji coba. Validasi dilakukan oleh ahli media ahli materi dan praktisi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif melalui instrumen angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknis analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis rata-rata persentase angket sesuai kategori validitas sedangkan data kulititatif diperoleh melalui komentar dan saran validator. Hasil pengembangan produk termasuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Dari hasil validasi multimedia interaktif yang telah dilakukan diperoleh hasil kevalidan dengan persentase 91 86% kepraktisan 96 73% kemenarikan 97 67%. Sedangkan keefektifan didapat dari perbandingan hasil tes belajar dan KKM yang menunjukkan hasil belajar 85 % siswa lebih besar dari KKM. Pengembangan produk multimedia interaktif pembelajaran IPS dengan tema Indahnya Keragaman di Negeriku ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang. Multimedia interaktif diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam hal kemenarikan kepraktisan dan keefektifan oleh peneliti selanjutnya agar dihasilkan produk multimedia interaktif yang lebih menarik dari segi tampilan lebih praktis dalam segi penggunaan dan lebih efektif dari hasil pembelajarannya. ABSTRACT Aries Sofya. 2017. Development of Interactive Multimedia for Social Studies Subject Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Applied in Elementary Student Grade Fourth. Thesis. Post Graduate Program at State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Keywords Development Interactive Multimedia IPS. Result of requirement analysis in SDN Kotalama 2 Malang City the researcher found that social studies learning has not used technology facilities. The school has technology facilities such as computers laptops and projector. The teachers used the student books from the government as learning resources and the teachers were not other media for social studies learning. The teachers have difficulties to develope media about social studies learning especially on Tema Indahnya Keragaman di Negeriku . The teacher doesn t have abilities to develop technology multimedia as learning resources. The purpose of multimedia development is to produce an interactive multimedia for social studies learning Tema Indahnya Keragaman di Negeriku for fourth grade elementary school that the effective effectiveness. This multimedia interactive product is expected to help students to understand the material of social studies on Tema Indahnya Keragaman di Negeriku . The multimedia development used Lee Owens Model (2004). The model has five stages of development (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) and evaluation. Validity of products is analyzed from the results of the validation and testing of multimedia. The validation was done by expert of media the expert of material and practitioners. Data collected is qualitative data and quantitative data through a questionnaire instrument. Data was analyzed with average technical analysis. The quantitative data was analyzed through the average percentage of questionnaire analysis by validity category while kualititative data was got throuh comments and suggestions from the validator. The result of the products development reached very feasible criteria and can be used as a support source in the social studies learning process theme People and discovery. The result of interactive multimedia validation reached the percentage of 91.86% validity 96.73% practicality the attractiveness of 97.67%.While the effectiveness gained from the comparison of learning test results and KKM showed 85% student learning outcomes greater than KKM. The product development of interactive multimedia in social studies learning Tema Indahnya Keragaman di Negeriku was developed based on the needs of students in fourth grade of SDN Kotalama 2. Interactive multimedia is expected to be used as a material consideration and input in terms of attractiveness practicality and effectiveness by subsequent researchers to produce interactive multimedia products that are more interesting in terms of appearance more practical in terms of use and more effective from the learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63215 |
Actions (login required)
View Item |