Keterbacaan teks buku siswa kelas V SD / Nuyan Saroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterbacaan teks buku siswa kelas V SD / Nuyan Saroni

Saroni, Nuyan (2017) Keterbacaan teks buku siswa kelas V SD / Nuyan Saroni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saroni Nuyan.2017. Keterbacaan Teks Buku Siswa Kelas V SD. Pembimbing Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd dan Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci keterbacaan tematik grafik Fry. Penerapan kurikulum 2013 membutuhkan bahan ajar berupa buku teks yang bisa mendukung guru dan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas buku teks sebagai sumber informasi isi atau makna yang disampaikan melalui buku teks yaitu aspek keterbacaan (readability) dari sebuah buku bacaan atau teks bacaan. Buku yang selama ini digunakan oleh siswa masih belum menunjukkan aspek keterbacaa yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Hal ini terbukti bahwa guru masih menggunakan buku siswa yang belum direvisi atau masih terbitan pertama Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat keterbacaan teks pada buku siswa kelas V SD Kurikulum 2013 berdasarkan Formula Grafik Fry serta mendiskripsikan kesesuaian keterbacaan teks dengan Formula Grafik Fry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan kualitatif deskriptif untuk mengalisis keterbacaan teks bacaan pada buku tematik kelas V. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan analisis isi. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci penelitian. Sumber data berupa Buku teks tematik SD kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis teks pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas 5 SD menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan teks pada buku tersebut memperoleh hasil perhitungan peringkat terendah adalah 4 dan peringkat tertinggi adalah 14. Hasil analisis kesesuaian teks dengan hasil penelitian ada beberapa bacaan yang dalam pengukurannya mendapatan hasil diatas dari peringkat 4 5 6 yang menunjukkan bahwa pada buku tematik kelas V SD terdapat beberapa bacaan yang kurang sesuai dengan karakeristik dan kemampuan siswa. Hal ini juga tentunya akan mempengaruhi siswa dalam memahami pokok bahasan atau materi pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis di atas maka saran yang dapat diberikan kepada guru hendaknya memilih kembali bacaan yang digunakan oleh siswa. Karena keterbacaan sebuah teks akan mempengaruhi pemahaman siswa terhadap bahan ajar yang akan diberikan. Formula keterbacaan Grafik Fry sebagai salah satu alat ukur keterbacaan perlu dikembangkan dan perlu dikuasai oleh seorang pendidik. ABSTRAC Saroni Nuyan.2017. Readability Textbook Fifth Grade in Elementary School. Counselor Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd and Dr. Alif Mudiono M.Pd. Keywords readability thematic fry graph. Application of the 2013 curriculum requires teaching materials in the form of textbooks that can support teachers and students in learning activities. To improve the quality of textbooks as a source of information content or meaning conveyed through textbooks is the readability aspect of a textbook or text reading. Books that have been used by students still have not shown the aspect of readiness that matches the conditions in the field. It is evident that the teacher still uses the book of students who have not revised or still the first issue of curriculum 2013. The purpose of this study is to describe the level of text readability in the book grade fifth elementary school curriculum 2013 based on fry graph formula as well as describe the suitability of text readability with Fry Graph Formula . This study used a qualitative approach with descriptive qualitative design to analyze readability of text reading in grade fift thematic book. Method of data collection with documentation and content analysis. The presence of researchers as a key instrument of research. Sources of data in the form of textbook thematic elementary school grade fifth. Data analysis techniques used are qualitative descriptive analysis. The result of text analysis on the integrated thematic book of the 2013 curriculum in the 5th grade indicates that the text readability level of the book obtained the lowest ranking result is 4 and the highest ranking is 14. The result of the text conformity analysis with the result of the research there are some readings which in the measurement get the above result from rank 4 5 6 indicating that in thematic book of elementary school grade fifth there are some readings that are less suitable with carackteristic and student ability. This also will affect students in understanding the subject or learning materials. Based on the results of the above analysis then the advice that can be given to the teacher should re-select the reading used by the students. Because the readability of a text will affect students understanding of the teaching materials to be given. Formula legibility Graph Fry as one of the tools of legibility should be developed and need to be mastered by an educator KATA PENGANTAR Segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tesis ini dengan judul Keterbacaan Teks Buku Siswa Kelas V SD. Tidak sedikit hambatan dan kendala yang penulis alami selama pembuatan tesis ini namun semua itu dapat diatasi berkat bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak yang telah berkenan memberi petunjuk. Dengan terselesaikannya penyusunan tesis ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu sehingga terwujudnya tesis ini. Ucapan terima kasih ini secara khusus penulis sampaikan kepada pihak-pihak sebagai berikut. 1.Prof. Dr. Sudana Degeng M.Pd. Direktur Pascasarjana yang telah memberi ijin untuk mengadakan penelitian. 2.Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Koordinator Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana yang telah memberikan ijin untuk mengadakan penelitian. 3.Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Pembimbing I yang telah memberi bimbingan dalam penyusunan tesis ini hingga terselesaikannya tesis ini. 4.Dr. Alif Mudiono M.Pd. Pembimbing II yang memberikan bimbingan saran baik pada isi maupun pada penulisan dalam tesis ini. 5.Bapak dan Ibu dosen Jurusan Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana yang telah memberikan ilmu dan juga pengalaman selama perkuliahan. 6.Kedua orang tua tercinta yang selalu tanpa henti-hentinya memberi dukungan nasehat dan doa. 7.Kepada keluarga besar kami yang selalu tanpa henti-hentinya memberi dukungan motivasi nasehat dan doa. 8.Sahabat dan teman-teman dari dalam dan luar kampus yang selalu memberi dukungan dan juga selama kuliah maupun dalam mengerjakan tesis Semoga Allah swt mencurahkan hidayah-Nya. Besar harapan penulis tesis ini bisa bermanfaat bagi penulis pada khususnya untuk pembaca atau untuk penelitian yang selanjutnya. Malang Juli 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL LEMBAR PERSETUJUAN LEMBAR PENGESAHAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISANi ABSTRAKii ABSTRACTiii KATA PENGANTARiv DAFTAR ISIvi DAFTAR TABEL DAN GAMBAR viii DAFTAR LAMPIRANix BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang 1 1.2.Rumusan Masalah 12 1.3.Manfaat Hasil Penelitian 13 1.4.Ruang Lingkup Penelitian 14 1.5.Definisi Operasional 15 BAB II KAJIAN TEORI 2.1.Teks 16 2.2.Keterbacaan Teks 17 2.3.Teknik Mengukur Keterbacaan Teks 20 2.4.Buku Teks 23 BAB III METODE PENELITIAN 3.1.Jenis Penelitian 29 3.2.Kehadiran Peneliti 30 3.3 Data dan Sumber Data 31 3.4.Pengumpulan Data 31 3.5.Analisis Data 32 3.6.Tahap-tahap Penelitian 34 BAB IV PAPARAN DATA 4.1.Keterbacaan Teks dalam Buku Siswa 37 4.2.kesesuaian keterbacaan teks pada buku siswa dengan tingkat keterbacaan grafik fry 53 BAB V PEMBAHASAN 5.1.Tingkat Keterbacaan Teks pada Buku Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013 Berdasarkan Formula Grafik Fry 61 5.2.Kesuian Hasil Tingkat Keterbacaan Teks Buku Siswa Kelas V SD dengan Grafik Fry 65 BAB VI PENUTUP 6.1.Kesimpulan 71 6.2.Saran72 DAFTAR RUJUKAN73 LAMPIRAN-LAMPIRAN76 DAFTAR TABEL DAN GAMBAR Halaman 1.2 Keterangan Pengodean Teks Bacaan 20 3.1 Jumlah Teks yang Dipilih Dalam Setiap Tema 31 3.2 Prosedur Penelitian 34 3.3 Keterangan Pengodean Teks Bacaan 34 4.1 Hasil Analisis Data Tema 138 4.2 Hasil Analisis Data Tema 240 4.3 Hasil Analisis Data Tema 342 5.4 Hasil Analisis Data Tema 443 4.5 Hasil Analisis Data Tema 545 4.6 Hasil Analisis Data Tema 647 4.7 Hasil Analisis Data Tema 750 4.8 Hasil Analisis Data Tema 852 4.9 Hasil Analisis Data Tema 954 4.10 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 157 4.11 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 257 4.12 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 358 4.13 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 459 4.14 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 559 4.15 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 660 4.16 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 761 4.17 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 862 4.18 Hasil Analisis Kesesuaian Tema 963 5.1 Hasil Temuan66 5.1 Hasil kekesuaian bacaan dengan peringkat kelas grafik fry70 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran Halaman 1.Lampiran 1 Hasil pengukuran bacaan tema 1 76 2.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 2 77 3.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 3 78 4 Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 4 79 5.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 5 80 6.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 6 81 7.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 7 82 8.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 8 83 9.Lampiran 2 Hasil pengukuran bacaan tema 9 84

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63214

Actions (login required)

View Item View Item