Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media model luas daerah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri materi penjumlahan dan pengurangan pecahan / Ni'mah Hermawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media model luas daerah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri materi penjumlahan dan pengurangan pecahan / Ni'mah Hermawati

Hermawati, Ni'mah (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media model luas daerah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri materi penjumlahan dan pengurangan pecahan / Ni'mah Hermawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermawati Ni mah. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Media Model Luas Daerah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Keywords media model luas daerah STAD penjumlahan dan pengurangan pecahan Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 1 Maret 2014 di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih kediri diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata untuk materi operasi pecahan masih dibawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimum). Model luas daerah diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Model luas daerah bukanlah suatu model pembelajaran namun lebih kepada langkah-langkah dalam menyelesaikan operasi pecahan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media model luas daerah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri sebayak 23 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi dan hasil tes untuk mengukur hasil belajar. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut penyajian materi pembentukan kelompok diskusi kelompok presentasi kuis dan penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media model luas daerah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri materi penjumlahan dan pengurangan. Hasil penilaian pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan ketuntasan klasikal yaitu (1) persentase penggunaan model luas daerah pada siklus I sebesar 83 15% meningkat menjadi 94 02% pada siklus II (2) persentase hasil tes akhir pada siklus I sebesar 60 87% menjadi 86 96% pada siklus II. ABSTRACT Hermawati Ni mah. 2017. The Implementations of STAD Cooperative Learning Assistance Area Model Media to Improve The Learning Outcomes of Addition and Subtraction Fraction Material Fourth Grade of SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri. Thesis. Departement of Basic Education Majoring Graduate State University of Malang. Advisors (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Keywords the area model STAD learning outcomes addition and subtraction fraction Base on the observations on March 1 2014 in class IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih kediri obtained information that the average value for the fractional operating material is still below of minimum completeness criteria. The area model media is expected to improve student learning outcomes related to addition and subtraction fraction material. The area model media is more media to steps in completing the operation fraction. The goal of this research is to describe of the implementation cooperative leaning STAD assistance the area model media to improve the learning outcomes of addition and subtraction fraction material fourth grade of SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri. The study uses Classroom Action Research (CAR). The research contaoins four steps i.e. plan action observation and reflection. The subject of the study are 23 fourth grades of SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri. The collected data of observation result and the learning outcomes in test result. The Implementations of STAD Cooperative Learning of this research is done with the following steps material presentation group formation group discussions class presentations quizzes and awards. Based on these results can be concluded that the implementations of stad cooperative learning assistance area model media could improve the learning outcomes of addition and subtraction fraction material fourth grade of SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri. The result of research on cycle I and cycle II which has increased in classic completion the percentage of final test results cycle of 60 87% to 86 96% in cycle II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63212

Actions (login required)

View Item View Item