Analisis perbedaan model problem based learning berbantuan media audio visual dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS / Susiloningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan model problem based learning berbantuan media audio visual dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS / Susiloningrum

Susiloningrum (2017) Analisis perbedaan model problem based learning berbantuan media audio visual dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS / Susiloningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susiloningrum. 2017. Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual dengan pembelajaran konvensional Terhadap Hasil Belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Kota Jambi). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar (IPS). Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf MA Ph.D (2) Prof. Dr. Sudarmiantin M.Si Kata kunci PBL Media audio visual Hasil Belajar IPS. Pembelajaran IPS perlu dilaksanakan dengan multi strategi multi metode dan multi media dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran IPS. Seorang guru harus berusaha agar pembelajaran IPS menarik bagi siswa SMP. PBL merupakan model pembelajaran yang melatih kemampuan siswa dalam merespon perkembangan dinamika sosial masyarakat. PBL merupakan suatu model dalam pembelajaran yang berfokus pada siswa dengan mengarahkan siswa menjadi pembelajar mandiri yang terlibat langsung secara aktif dalam pembelajaran berkelompok. PBL dalam beberapa penelitian terbukti mampu meningkatkan hasil belajar. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negari 25 Kota Jambi adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa guru masih menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan alat peraga sehingga proses pembelajaran tidak kondusif dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual di SMP Negeri 25 Kota Jambi (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan PBL dan konvensional (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan PBL dan PBL berbantuan media audio visual (4) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model PBL berbantuan media audio visual dan konvesional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data statistik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental design dengan non equivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan sampling purposive yang diperoleh dari kelas VIII-B sebagai kelas Eksperimen 1 Kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan postest lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respos siswa. Data dianalisis dengan uji statistik independent sampel t-tes (uji-t). Hasil penelitian yaitu (1) pelaksanaan model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual di SMP Negeri 25 Kota Jambi berjalan dengan baik dibuktikan dengan respon siswa dalam kreteria baik (84 03) (2) Gainscore hasil belajar IPS yang diperoleh di kelas kontrol adalah 15 00 sedangkan dikelas ekperimen 1 (PBL) sebesar 21 67 dan dikelas eksperimen 2 (PBL media audio visual) sebesar 26 15. Nilai gainscore tertinggi diperoleh kelas PBL berbantuan media audio visual yaitu sebesar 26 15 (3) ada perbedaan hasil belajar IPS menggunakan PBL dan konvensional dengan nilai signifikansi (0 001) atau kurang dari alpha (0 050) (4) ada perbedaan hasil belajar IPS menggunakan PBL dan PBL berbantuan media audio visual dengan nilai signifikansi (0 018) atau kurang dari alpha (0 050). (5) ada perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model PBL berbantuan media audio visual dan konvesional dengan nilai signifikansi (0 000) kurang dari alpha (0 050) . Jadi terbukti bahwa hasil belajar IPS menggunakan PBL berbantuan media audio visual lebih baik daripada hanya menggunakan model pembelajaran PBL saja atau konvensional. Bagi guru dapat menerapkan model PBL berbantuan media audio visual pada kelas yang berbeda dengan disesuaikan kompetensi dasarnya. Bagi peneliti lebih lanjut bisa meneliti dengan menggunakan variabel-varibel lain seperti meneliti kemampuan berfikir kritis kepercayaan diri retensi dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS di SMP. ABSTRACT Susiloningrum. 2017. An Analysis On The Difference Learning Outcome In Social Science Between Problem Based Learning (PBL) Model Assisted Audio Visual Media And Conventional Model (Study In 8th Graders Of SMPN 25 Kota Jambi). Thesis. Basic Education Course Of Study Stanford Malang University Graduate. Advisor (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf MA Ph.D (2) Prof. Dr. Sudarmiantin M.Si Keywords PBL audio visual media The Results Of Study. To achieve the instructional objective within social science learning the employment of multiple strategy method and media is a necessity. Teachers are demanded to create positive classroom atmosphere in social science learning. PBL (Problem Based Learning) is one of the learning model which instruct students ability to respond the dynamics of social community. It s a learning model which focus on students by guiding them to become autonomous learner. Based on previous studies students learning outcome were increased through the implementation of this model in teaching learning process. The lesson of social sciences was dominated with recitation and monotonous interaction and the absence of the teaching media were dominant factors in teaching learning process in SMP Negari 25 Kota Jambi this led to the students learning outcome which was low . the aim of this study are posted as follows (1) to observe the implementation of PBL learning model assisted audio visual in SMP Negeri 25 Kota Jambi (2) to find out the difference social science learning outcome of those who taught using PBL and conventional model (3) to ascertain the difference of learning outcome of those who taught using PBL and those who taught using PBL assisted audio visual media (4)to find out the difference of learning outcome those who taught using PBL model assisted audio visual media and conventional media. The researcher employed quantitative design with statistics data analysis a quasi experimental with equivalent control group design was chosen as a research method. Sample were taken purposively from VIII-b as the experimental group 1 VIIIc as experimental group 2 and VIIIa as a control group. The instruments of this study consists of pretest post test observation form of instructional process and students response questionnaire. The data were analyzed using independent sample t-test. The findings of the study showed 1) the implementation of PBL learning model assisted audio visual in SMP Negeri 25 Kota jambi was well comformly it can be seen from the students response which gain 84.03% described as well criteria (2) the gain score of learning outcome attained in control group was 15.00 while in experimental group 1 was 21.67 and experimental group 2 26.15 which is the highest score among groups (3) there is significant difference in learning outcome between those who taught using PBL and those who taught using conventional model (sig .000 sig .05) (4) there is significant difference in learning outcome between those who taught simply using PBL and those who taught using PBL assisted audio visual media (sig .018 sig .05) (5) there is significant difference in learning outcome between those who taught using PBL assisted audio visual media and those who taught using conventional model (sig .000 sig .05). it can be concluded that the effect of students who taught using PBL learning model assisted audio visual media had better learning outcome than those who taught using PBL learning model or conventional learning model. It is suggested to social science teacher to implement PBL learning model assisted audio visual for different classes adjusted to their basic competence. For the further researcher it is suggested to conduct another research using different variables i.e critical thinking self-assurance retention and motivation within social science learning in Junior High School.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63210

Actions (login required)

View Item View Item