Pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Lumajang tema "Daerah Tempat Tinggalku" siswa kelas IV sekolah dasar / Fathin Istianatul Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Lumajang tema "Daerah Tempat Tinggalku" siswa kelas IV sekolah dasar / Fathin Istianatul Umami

Umami, Fathin Istianatul (2017) Pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Lumajang tema "Daerah Tempat Tinggalku" siswa kelas IV sekolah dasar / Fathin Istianatul Umami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umami Fathin Istianatul 2017. Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Lumajang Tema Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Dr. Suharjo M.S. M.A. kata kunci modul pembelajaran kearifan lokal Kabupaten Lumajang kelas IV sekolah dasar. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas IV di sekolah dasardi Klakah Kabupaten Lumajang menunjukkan bahwa materi pada buku tematik masih terbatas Pembelajaran pada buku tematik di sekolah berjalan tidak selaras dengan nilai-nilai kearifan lokal yang dianut oleh masyarakat Lumajang Masih terdapat faktor-faktor penghambat dalam pelaksaanaan sistem desentralisasi pendidikan di Indonesia sehingga siswa belum dapat mengenal budaya yang berada di daerah lingkungan sekitarnya kurangnya bahan ajar berbasis kearifan lokal yang mampu menumbukan nilai-nilai karakter siswa serta mengembangkan potensi yang dimiliki Kabupaten Lumajang yang dapat menunjang dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran Masih kurangnya pengembangan potensi daerah serta kebudayaan daerah Kabupaten Lumajang dalam pembelajaran siswa di sekolah dan kurangnya buku penunjang pelajaran selain buku teks dari guru untuk menambah wawasan siswa tentang lingkungan tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul berbasis Kearifan lokal Kabupaten Lumajang untuk kelas IV Sekolah dasar yang efektif praktis meanrik dan valid. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg Gall dengan sepuluh langkah pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan dari validator ahli materi/isi ahli bahasa dan ahli desai pembelajaran guru dan siswa sedangkan data kuatitatif diperoleh dari data perolehan skor angket validasi ahli respon guru dan respon siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli respon guru dan siswa lembar penilaian dan lembar observasi untuk pengumpulan data Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa modul berbasis Kearifan lokal Kabupaten Lumajang ini dapat digunakan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai pada setiap aspek yang menyatakan kevalidan produk dengan kategori sangat valid aspek kemenarikan diperoleh kategori sangat menarik aspek keefektifan dengan kategori efektif dan aspek kepraktisan dengan kategori sangat praktis . Ciri khas dari modul ini adalah pembelajaran bersifat kontekstual dengan menonjolkan macam-macam budaya dan potensi di daerah Lumajang dengan kegiatan yang melibatkan guru serta peran keluarga dalam penyelesaian lembar kerja pada modul. Umami Fathin Istianatul 2017. The Development of Local Wisdom Based Module of Lumajang Regency Theme The Region of My Place 4th Grade Student of Elementary School. Thesis. Basic Education Program Graduate Program of Universitas Negeri Malang. Counselor (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Dr. Suharjo M.S. M.A. Keywords learning module local wisdom of Lumajang Regency grade IV of elementary school. The results of preliminary study conducted in grade IV at elementary school in Klakah of Lumajang Regency indicate that the material in thematic book is still limited. The lesson in thematic book in school runs inconsistent with local wisdom values adopted by Lumajang society. There are still factors Obstacles in the implementation of decentralization of education system in Indonesia so that students can not recognize the culture that is in the surrounding area the lack of teaching materials based on local wisdom that can inculcate the values of the character of students and develop the potential of Lumajang Regency that can support and motivate students Learning process still lack of development of regional potency as well as local culture of Lumajang Regency in student learning in school and lack of supporting instruction book beside textbook from teacher to increase student insight about student residence environment. This research aims to produce a module based on local wisdom of Lumajang Regency for grade IV of elementary school that is effective practical meanrik and valid. This study uses a research and development model from Borg Gall with ten development steps. This research and development uses qualitative and quantitative data types. Qualitative data were obtained from suggestions and inputs from material / content expert linguists and learning experts teachers and students while the qualitative data were obtained from the data of expert validation questionnaire scores teacher responses and student responses. This research and development uses expert sheet validation tools teacher and student responses assessment sheets and observation sheets for data collection The results of this research and development indicate that the module based on local wisdom of Lumajang Regency can be used. This can be demonstrated by the acquisition of scores on every aspect that states the validity of the product with the category of very valid the attractiveness aspect is categorized as very interesting the effectiveness aspect with the effective category and the practicality aspect with the category very practical . The hallmark of this module is contextual learning by highlighting the different cultures and potentials in the Lumajang area with activities involving teachers as well as family roles in completing the module worksheet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63209

Actions (login required)

View Item View Item