Koro, Maxsel (2017) Pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas tinggi SDN se-kota Kupang) / Maxsel Koro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maxsel Koro. 2017. Pengaruh Self-efficacy dan Self-regulated learning terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW. M.A. M.Si. (II) Dr.M.Ramli M.A. Kata Kunci Self-efficacy Self-regulated learning Motivasi Belajar Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan proses belajar. Hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kognitif siswa saja tetapi faktor-faktor psikologis siswa juga berperan dalam meningkatkan hasil belajar dimana siswa yang memiliki keyakinan diri yang tinggi serta memiliki kemampuan mengatur diri yang baik dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Hasil studi awal yang dilakukan peneliti pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Kupang ditemukan masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Rendahnya motivasi ini dibabkan oleh kurangnya kepercayaan dalam diri siswa sehingga berdampak pada rendah hasil belajar siswa selain motivasi dan kepercayaan diri. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas ditemukan siswa masih kesulitan dalam melakukan pengaturan waktu belajar di rumah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN se-Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri di Kota Kupang yang menggunakan kurikulum KTSP. Jumlah sampel adalah 360 orang siswa kelas tinggi dengan teknik penarikan multistage proposional random sampling menggunakan rumus Daniel and Tarrel. Penelitian ini mengadopsi intrumen penilaian self-efficacy dari MJSES penilaian self-regulated learning dari OLSQ motivasi belajar dari MLSQ dan penilaian hasil belajar dari kumpulan soal-soal SDN se-Kota Kupang.Analisis data menggunakan path analysis untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung variabel eksogenous terhadap variabel endogenous. Hasil penelitian membuktikan siswa yang memiliki keyakinan terhadap potensi diri usaha dalam belajar dan kondisi sosialnya serta memiliki kemampuan dalam mengelola belajarnya secara efektif dapat meningkatkan hasil belajarnya selain itu keyanikan diri dan pengelolaan belajar yang efektif juga dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar sehingga proses belajar lebih bermakna bagi siswa. Disarankan kepada guru agar dapat membimbing siswa dalam mengenal potensi-potensi dalam dirinya serta mengarahkan siswa menemukan strategi belajar yang tepat dan menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga siswa termotivasi dalam belajarnya yang berdapak pada peningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. ABSTRACT Maxsel Koro. 2017. Effect of Self-efficacy and Self-Regulated Learning on Learning Outcomes through Learning Motivation. Thesis. Department of Primary Education Postgraduate Program State University of Malang. Counselor (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW. M.A. M.Si. (II) Dr.M.Ramli M.A. Keywords Self-efficacy Self-regulated learning Motivation Learning Learning Outcomes. Learning outcomes are the results obtained by students after learning. Learning outcomes are not only influenced by students cognitive factors but psychological factors also play a role in improving learning outcomes Where students who have high self-confidence and have good self-regulating ability can help students in achieving learning objectives. The results of preliminary studies conducted by researchers at the Elementary School in State Kupang City found still many students who have low learning motivation. This lack of motivation is attributed to a lack of confidence in the students thus impacting the students low learning outcomes as well as motivation and self-confidence. Based on the results of interviews with classroom teachers found that students still have difficulty in setting the time to study at home so that the impact on student learning outcomes. This study aims to describe the effect of self-efficacy and self-regulated learning on learning outcomes through the motivation of high grade students of SDN in Kupang City. This research is an associative research with quantitative approach population in this research that is all high grade student of State Elementary School in Kupang City that use curriculum KTSP. The sample size is 360 high school students with multistage proportional random sampling technique using Daniel and Tarrel formula. This study adopted the self-efficacy assessment instrument of MJSES the self-regulated learning assessment of OLSQ the learning motivation of MLSQ and the assessment of learning outcomes from a collection of SDN municipalities throughout Kupang City. The data analysis used path analysis to test direct and indirect variable exogenous to variable endogenous. The results of the study prove students who have confidence in their potential effort in learning and social conditions And having the ability to manage their learning effectively can improve their learning outcomes In addition to self-declared and effective learning management can also cultivate students motivation in learning so that the learning process is more meaningful for students. It is suggested to the teacher in order to guide the students in knowing the potential in them selves and to direct the students to find the right learning strategy and create a comfortable learning atmosphere so that the students are motivated in learning the paws on improving students learning outcomes themselves.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63208 |
Actions (login required)
View Item |