Meningkatkan kreativitas anak membentuk benda melalui permainan platisin di TK GMIM Bethesda Sawangan / Mario Erick Wantah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kreativitas anak membentuk benda melalui permainan platisin di TK GMIM Bethesda Sawangan / Mario Erick Wantah

Wantah, Mario Erick (2017) Meningkatkan kreativitas anak membentuk benda melalui permainan platisin di TK GMIM Bethesda Sawangan / Mario Erick Wantah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wantah Mario Erick. 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Bermain Bentuk Melalui Permainan Plastisin di TK GMIM Bethesda Sawangan. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Kreativitas anak bermain bentuk permainan plastisin taman kanak-kanak Salah satu aspek yang dapat mengasah kecerdasan anak yaitu dengan adanya kreativitas. Apabila anak mengekspresikan pikirannya pada kegiatan yang berdaya cipta berinisiatif sendiri dengan cara-cara yang original maka kita mengatakannya bahwa anak tersebut adalah anak yang kreatif. Latihan yang kurang dan imajinasi yang tidak terasah membuat antusiasme anak dalam berkreasi menjadi berkurang. Permasalahan yang terjadi di TK GMIM Bethesda Sawangan diketahui bahwa kegiatan membentuk benda masih rendah. Salah satu faktor yaitu kurangnya latihan dalam membentuk dan keterbatasan media pembelajaran yang akan digunakan pada proses pembelajaran berikutnya sehingga anak tidak dapat mengapresiasikan karyanya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana permainan plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak dalam membentuk benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai observer dibantu guru kelas dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan RKM dan RKH yang telah disusun bersama. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah aktivitas belajar anak dan hasil kreativitas anak dengan sumber data berupa hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukan peningkatan prosentase nilai rata-rata dari 6 lingkup perkembangan dari 37 49% pada prasiklus menjadi 83 49% pada siklus I kemudian menjadi 100% pada siklus II dengan demikian permainan playdoh mampu meningkatkan kreativitas anak. Permainan plastisin mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran anak-anak menjadi bersemangat karena selama ini mereka hanya memiliki sedikit alat permainan edukatif (APE). Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada (1) Sekolah hendaknya mampu menyediakan berbagai alat permainan edukasi yang lebih variatif guna dapat mengasah kreativitas dan daya pikir peserta didik. Selanjutnya pembelajaran dengan menggunakan permainan plastisin hendaknya dapat diterapkan di sekolah sehingga pembelajaran dapat menjadi menyenangkan karena di samping membantu daya pikir anak melalui berkreasi melalui bentuk anak-anak juga menjadi antusias dalam belajar. (2) Guru hendaknya lebih mampu dalam membimbing dan memberikan motivasi serta memfasilitasi anak untuk meningkatkan kemampuan kreativitas sehingga kreativitasnya dapat meningkat dan tidak terlambat. Selanjutnya guru hendaknya juga mampu mengembangkan dan menerapkan RKH yang menarik dan bervariasi salah satunya penggunaan plastisin sebagai media pengenalan dalam membuat bentuk dan melatih motorik anak sehingga dengan demikian pembelajaran lebih efektif. ABSTRACT Wantah Mario Erick. 2017. Improving Children s Creativity Shape Play Through Clay Game in GMIM s Bethesda Sawangan Kindergarten. Thesis Basic Education Study Program Postraduate State University of Malang. Supervisor (1) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Keywords Children s creativity shape play clay game kindergarten One aspect that can sharpen children s intelligence is with the creativity. When a child expresses his thoughts on a creative activity taking his own initiative in the original way we say that the child is a creative child. Less exercise and unruly imagination make the child s enthusiasm in being creative becomes lessened. Problems that occurred in GMIM Kindergarten Bethesda Sawangan known that the activity of forming objects is still low. One factor is the lack of training in shaping and the limitations of learning media to be used in the next learning process so that children can not appreciate his work well. This study aims to describe how plastisin game can improve children s creativity in forming objects. This research uses a qualitative approach with classroom action research design. Researchers as observers assisted classroom teachers in implementing the learning process using RKM and RKH that have been prepared together. Data and data sources in this study is the learning activities of children and the creativity of children with data sources in the form of children s work. The result of the research showed the increase of the average percentage value from 6 development scope from 37 49% in prasiklus to 83 49% in cycle I then 100% in cycle II thus playdoh game able to increase children creativity. Clay games can improve learning activities children become excited because so far they have only a few educational game tools (APE). Based on the results of this study researchers suggest to (1) Schools should be able to provide a variety of educational game tools that are more varied in order to hone the creativity and thinking power of learners. Furthermore learning by using plastisin games should be applicable in schools so learning can be fun because in addition to helping the child s mind through creative form children also become enthusiastic in learning. (2) Teachers should be better able to guide and motivate and facilitate children to improve their creativity so that their creativity can be improved and not too late. Furthermore teachers should also be able to develop and implement an interesting and varied RKH one of them the use of Clay as a medium of recognition in making the shape and train the child s motor so that learning is more effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63207

Actions (login required)

View Item View Item