Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan kombinasi praktikum real dan virtual berbasis aplikasi android terhadap penguasaan konsep pada siswa dengan kemampuan awal berbeda / Mochamad Hasan Rifai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan kombinasi praktikum real dan virtual berbasis aplikasi android terhadap penguasaan konsep pada siswa dengan kemampuan awal berbeda / Mochamad Hasan Rifai

Rifai, Mochamad Hasan (2017) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan kombinasi praktikum real dan virtual berbasis aplikasi android terhadap penguasaan konsep pada siswa dengan kemampuan awal berbeda / Mochamad Hasan Rifai. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rifai Mochamad Hasan. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Kombinasi Praktikum Real dan Virtual Berbabis Aplikasi Android terhadap Penguasaan Konsep Siswa Dengan Kemampuan Awal Berbeda. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M. Ed. Ph.D. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci inkuiri terbimbing praktikum real praktikum virtual penguasaan konsep siswa kemampuan awal siswa. Pembelajaran IPA menggunakan strategi inkuiri dapat mendorong siswa melakukan proses penemuan konsep melalui penyelidikan. Konsep yang diperoleh dari pengalaman dan penyelidikan akan sangat berkesan sehingga mempunyai retensi yang lama. Pelaksanaan pembelajaran inkuiri dengan praktikum dapat digunakan untuk menanamkan konsep pada siswa namun pelaksanaan praktikum memiliki beberapa kendala. Praktikum virtual bisa dijadikan pelengkap pelaksanaan praktikum dalam mengatasi permasalahan yang ada. Tujuan Utama penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kombinasi praktikum real dan virtual terhadap penguasaan konsep pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Tahun Pelajaran 2016/2017. Sebanyak 2 kelas yang dipilih dari 4 kelas yang ada secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda beralasan untuk penguasaan konsep dan hasil ulangan harian untuk pengukuran kemampuan awal. Reliabilitas tes penguasaan konsep sebesar 0 75. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian dua jalur. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan penguasaan konsep kelompok siswa yang belajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan kombinasi praktikum real dan virtual dengan kelompok siswa yang belajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan praktikum real (2) tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal rendah (3) tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran (inkuiri terbimbing menggunakan kombinasi praktikum real dan virtual) dan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep siswa. ABSTRACT Rifai Mochamad Hasan. 2017. The Influence of Guided Inquiry Learning Using Real and Virtual Practical Combinations Based-on Android Applications toward Concept Achievement on Students with Different Prior Knowledge. Thesis Science Basic Education Program Graduate Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M. Ed. Ph.D. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Keywords guided inquiry real experiment virtual experiment concept achievement students prior knowledge. Science learning using inquiry strategy can encourage students to construct concepts through investigation. The concepts gained through experience and investigation will be so impressive and make long retention. Implementation of inquiry learning with experiment can help students build a new concept but the implementation of it have some obstacles. Virtual experiment can be used as a complement to the implementation of real experiment to overcome the problems. The main purpose of this research is to study the influence of guided inquiry learning with combination of real and virtual experiment to the concept achievement on science learning. This study is a quasi-experimental design. The subject is ninth grade students of junior high school. The sample consist of two classes determined by purposive sampling technique. The instrument study is a multiple-choice test for concepts achievement and learning daily results for prior knowledge measurement of student. The reliability test is 0.75. The data analyzed by inferential statistic using two-way variance analysis technique. The result of study are (1) there is a difference between students who learned using a combination of real and virtual experiment and students who learned using real experiment only in guided inquiry learning (2) there is no difference in concept achievement both students who have high prior knowledge and students who have low prior knowledge (3) there is no influence of learning model interaction between guided inquiry learning using a combination of real and virtual experiment and prior knowledge to student concept achievement.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63206

Actions (login required)

View Item View Item