Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP materi getaran dan gelombang pada strategi pembelajaran POE (Predict-Observe-Explian) teritegrasi asesmen formatif / Nofriati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP materi getaran dan gelombang pada strategi pembelajaran POE (Predict-Observe-Explian) teritegrasi asesmen formatif / Nofriati

Nofriati (2017) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP materi getaran dan gelombang pada strategi pembelajaran POE (Predict-Observe-Explian) teritegrasi asesmen formatif / Nofriati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nofriati. 2017. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Materi Getaran dan Gelombang pada Strategi Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terintegrasi Asesmen Formatif. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentarsi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Prof. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D Kata Kunci penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah POE asesmen formatif Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam belajar IPA. Materi getaran dan gelombang merupkan salah satu materi IPA yang harus dikuasai siswa. Materi ini sering kita amati dalam kehidupan sehari-hari namun siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi ini. Salah satu penyebab kesulitan siswa karena kesalahpahaman prakonsep yang dimiliki siswa. Penerapan strategi pembelajaran POE terintegrasi asesmen formatif diharapkan dapat membantu siswa dalam mengatasi kesalahpahaman konsep sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada strategi pembelajaran POE (predict-observe-explain) terintegrasi asesmen formatif. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed methods dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Pariaman tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa soal tes penguasaan konsep dalam bentuk 18 butir soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas tes 0 72 soal tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk 4 butir soal uraian lembar observasi pedoman wawancara catatan lapangan dokumentasi. Analisis kuantitatif menggunakan uji t-berpasangan uji N-Gain dan effect size sedangkan analisis kualitatif berupa reduksi pengkodean triangulasi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalaha siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari N-Gain skor rata-rata peguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0 586 dan 0 536 dan nilai tersebut termasuk kategori sedang. Nilai effect size sebesar 2 89 dan 2 79 dan nilai tersebut termasuk dalam kategori kuat. Hasil uji t berpasangan juga melihatkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttets. Ditemukan kesalahpahaman konsep siswa yang konsisten sampai saat posttest yaitu (a) siswa menganggap amplitudo mempengaruhi periode getaran (b) siswa menganggap gelombang memindahkan medium dalam perambatannya (c) siswa menganggap semakin besar frekuensi maka semakin besar cepat rambat gelombang. Berdasarkan hasil penelitian ini guru dapat menerapkan strategi POE terintegrasi asesmen formatif sebagai alternatif pembelajaran pada materi getaran dan gelombang karena terbukti mampu merubah kesalahpahaman konsep siswa pada materi ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63204

Actions (login required)

View Item View Item