Al Fajar, Mohamad Taufiq (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback dan two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif siswa kelas IX SMP Negeri 02 Batu / Mohamad Taufiq Al Fajar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Al Fajar Mohamad Taufiq. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 02 Batu. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. Kata kunci Carousel Feedback Two Stay Two Stray keterampilan sosial hasil belajar Berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilakukan di kelas IX OR SMP Negeri 02 Batu ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPS. Beberapa permasalahan tersebut adalah (1) rendahnya keterampilan sosial siswa (2) pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum mengoptimalkan pembelajaran berkelompok dan (3) rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Upaya yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dengan indikator kerjasama ketegasan tanggungjawab empati dan pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray (2) meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara siklikal dengan lima pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX OR SMP Negeri 02 Batu yang berjumlah 37 orang. Peneliti berperan sebagai guru model dan dibantu oleh tiga orang pengamat. Instrumen penelitian meliputi lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran lembar pengamatan keterampilan sosial siswa angket keterampilan sosial siswa tes hasil belajar catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif secara khusus untuk angket keterampilan sosial siswa dan tes hasil belajar dan analisis kualitatif dengan langkah langkah (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (a) keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I meningkat pada siklus II dan memenuhi kriteria keberhasilan tindakan (b) keterampilan sosial siswa pada siklus I meningkat pada siklus II dan memenuhi kriteria keberhasilan tindakan (c) jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar klasikal pada siklus I meningkat pada siklus II dan memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Pemberian tindakan kemudian diakhiri pada siklus II. Beberapa saran yang direkomendasikan dari peneliti adalah sebagai berikut. Pertama bagi guru model pembelajaran Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif siswa. Kedua agar penerapan model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray dapat terlaksana secara maksimal sangat disarankan bagi guru untuk (a) membentuk kelompok heterogen yang terdiri atas empat orang siswa berdasarkan keragaman kemampuan akademik gender dan suku (b) menyimulasikan model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray sebelum benar-benar dilaksanakan supaya siswa tidak kebingungan (c) menyampaikan sintaks model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray di awal pembelajaran (d) mengarahkan siswa untuk selalu bekerjasama dan saling membantu. Ketiga bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray pada jenjang pendidikan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63203 |
Actions (login required)
View Item |