Pengaruh Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) dengan formative feedback terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMPN 1 Maumere / Elisabeth Yunia Suku Sea Dua Sona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) dengan formative feedback terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMPN 1 Maumere / Elisabeth Yunia Suku Sea Dua Sona

Sona, Elisabeth Yunia Suku Sea Dua (2017) Pengaruh Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) dengan formative feedback terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMPN 1 Maumere / Elisabeth Yunia Suku Sea Dua Sona. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Elisabeth Yunia Suku Sea Dua Sona. 2017. Pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan Formative Feedback terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maumere. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D Kata Kunci POGIL Formative Feedback Keterampilan Proses Sains Penguasaan Konsep Keterampilan proses sains dan penguasaan konsep merupakan kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran IPA karena melatih siswa membangun konsep secara mandiri melalui aktivitas ilmiah. Salah satu pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri dengan melibatkan siswa secara aktif adalah Process-Oriented Guided-Inquiry Learning atau POGIL. Keterlibatan siswa yang bekerja dalam kelompok dalam pembelajaran POGIL menyebabkan guru mengalami kesulitan untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep dan keterampilan proses setiap individu. Oleh karena itu salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengetahui penguasaan konsep setiap individu adalah dengan memberikan formative feedback yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran POGIL dengan formative feedback dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran POGIL. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII pada SMPN 1 Maumere sebanyak 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan VII-C SMPN 1 Maumere di mana siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Keterampilan proses sains diukur menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasi dengan nilai r 0 447 dan penguasaan konsep diukur dengan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah divalidasi dengan nilai r 0 693. Data dianalisis menggunakan uji ankova setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelas yang dibelajarkan menggunakan POGIL dengan formative feedback dan kelas POGIL dengan nilai rata-rata posttest kelas ekperimen sebesar 77 37 dan kelas kontrol sebesar 70 83. Selanjutnya ditemukan juga bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara kelas dibelajarkan menggunakan POGIL dengan formative feedback dan kelas POGIL dengan nilai rata-rata posttest kelas ekperimen sebesar 73 42 dan kelas kontrol sebesar 68 42.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63202

Actions (login required)

View Item View Item