Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri untuk siswa kelas V Sekolah Dasar / Mahardika Dwi Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri untuk siswa kelas V Sekolah Dasar / Mahardika Dwi Fitriani

Fitriani, Mahardika Dwi (2017) Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri untuk siswa kelas V Sekolah Dasar / Mahardika Dwi Fitriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Mahardika Dwi. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Kediri untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci modul kearifan lokal kabupaten kediri sekolah dasar Terbentuknya kepribadian siswa yang cerdas dan berkarakter merupakan inti dari segala kegiatan pembelajaran. Salah satu unsur yang mendukung pembentukan karakter adalah terpeliharanya nilai-nilai dan budaya yang berasal dari kearifan lokal setempat. Nilai-nilai kearifan lokal dapat ditanamkan dan dibelajarkan sejak dini di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang mengintegrasikan muatan nilai-nilai kearifan lokal. Modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri merupakan salah satu bahan ajar yang dikembangkan sebagai sumber belajar tentang kearifan lokal sekaligus memungkinkan siswa untuk belajar sesuai kecepatan dan kemampuan belajarnya secara aktif mandiri dan kritis. Penelitian pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan Dick Carey. Model pengembangan ini terdiri dari sepuluh langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) melakukan analisis karakter peserta didik dan lingkungan belajar (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi dan (10) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Subjek coba dalam penelitian pengembangan ini yaitu ahli materi ahli desain media pembelajaran guru kelas V serta siswa kelas V SDN Sidomulyo. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Kediri untuk kelas V SD. Keseluruhan tahapan validasi menunjukkan modul sangat valid berdasarkan uji ahli materi dan desain media pembelajaran. Hasil uji coba perorangan dan uji kelompok kecil menunjukkan modul sangat efisien dan sangat menarik. Analisis data hasil belajar menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sehingga modul efektif digunakan dalam pembelajaran. ABSTRACT Fitriani Mahardika Dwi. 2017. The Development of Thematic Learning Module Based on Local Wisdom of Kabupaten Kediri for grade V Elementary School Students. Thesis. Basic Education Graduate Program Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. M. Ramli M.A. Key words module local wisdom kabupaten kediri elementary school The main point of all learning activities is to create an educated personality and personality with character. One of the elements which supports in building the character is the preservation of values and culture derived from local wisdom. The values of local wisdom can be instilled and learned early in school. One effort that can be done is to develop teaching materials that integrate the content of the values of local wisdom. The local wisdom-based learning module of Kabupaten Kediri is one of the teaching materials developed as a source of learning about local wisdom while allowing students to learn according to the speed and ability of learning actively independently and critically. The development research of this module was Dick Carey development model. This development model consists of ten steps (1) identify instructional goals (2) conduct instructional analysis (3) analyze learners and context (4) write performance objectives (5) develop assessment instruments (6) develop instructional strategy (7) develop and select instructional materials (8) design and conduct formative evaluation of instruction (9) revise instruction and (10) design and conduct summative evaluation. Subjects in this study are material experts designers/learning media V-grade teachers and students of grade V SDN Sidomulyo. The data obtained are qualitative data and quantitative data. The results of this development research is Thematic Learning Module Based on Local Wisdom of Kabupaten Kediri for grade V Elementary School Students. The overall validation stages showed module is categorized as very valid for material experts and designers of instructional media. In individual testing and small group testing showed module is categorized as very attractive and very efficient. The analysis of learning result data showed that module effective in increasing the average of students learning results.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63199

Actions (login required)

View Item View Item