Pemanfaatan lingkungan sekitar pada proses pembelajaran IPS di MTs Nurul Islam (studi pada masyarakat nelayan Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember) / Imam Ahmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sekitar pada proses pembelajaran IPS di MTs Nurul Islam (studi pada masyarakat nelayan Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember) / Imam Ahmadi

Ahmadi, Imam (2017) Pemanfaatan lingkungan sekitar pada proses pembelajaran IPS di MTs Nurul Islam (studi pada masyarakat nelayan Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember) / Imam Ahmadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmadi Imam.2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Proses Pembelajaran IPS Di MTs Nurul Islam (Studi pada masyarakat nelayan desa Puger kulon kabupaten Jember). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar (IPS). Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Hariyono M.Pd). (2) Dra. Hj. Siti malikhah Towaf M.A P.hD. Kata Kunci Aktivitas Nelayan Perekonomian Sumber Pembelajaran IPS. Penelitian ini berawal dari pengamatan awal di MTs.Nurul Islam Lojejer Kabupaten Jember bahwa guru yang melaksanakan pembelajaran IPS di kelas belum menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar Sedangkan di satu sisi terdapat potensi sumber belajar kontekstual di lingkungan sekitar. Salah satunya adalah aktivitas nelayan dan perekonomian masyarakat pesisir pantai Puger sebagai sumber belajar kontekstual IPS.Fokus penelitian ini adalah 1) MendeskripsikanpotensilingkunganmasyarakatnelayanPuger 2) MendeskripsikanpemanfaatanlingkunganmasyarakatnelayanPugersebagaisebagaisumberpembelajaran IPS di MTs Nurul Islam 3) MentautkannilaidanmaknaaktivitasmasyarakatnelayanPugerdenganpembelajaran IPS sehinggadapatdigunakansebagaisumberbelajarkonstekstual IPS di tingkat SMP/MTs. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian fenomenologi.Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data display data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan verifikasi dengan triangulasi. Berdasarkan hasil wawancara dan data-data yang dikumpulkan dapat disimpulkan 1)Lingkungan masyarakat desa Puger kulon mempunyai potensi yang sangat besar di bidang ekonomi sosial dan budaya 2) Lingkungan masyarakat nelayan desa Puger kulon sangatlah bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembelajaran IPS di MTs. Nurul Islam. 3) Mentautkan nilai-nilai positif yang bisa diambil dari aktivitas masyarakat dilingkunan nelayan untuk dijadikan sumber pembelajaran IPS antara lain nilai religius tanggung jawab musyawarah gotong royong kedisiplinan dan nilai ekonomi kedalam Kompetensi Dasar (KD) kelas VII yaitu pada KD 3.1 KD 3.4 dan KD 4.3. Dari tautan nilai-nilai positif ini kemudian dibuatkan keterpaduan tematik berdasarkan potensi daerah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah perlu dibuatkan bahan ajar kontekstual dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63198

Actions (login required)

View Item View Item