Pengembangan instrumen asesmen autentik menulis kreatif cerita anak untuk kelas IV Sekolah Dasar / Tiara Sevi Nurmainta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen autentik menulis kreatif cerita anak untuk kelas IV Sekolah Dasar / Tiara Sevi Nurmainta

Nurmanita, Tiara Sevi (2017) Pengembangan instrumen asesmen autentik menulis kreatif cerita anak untuk kelas IV Sekolah Dasar / Tiara Sevi Nurmainta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurmanita Tiara Sevi. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Menulis Kreatif Cerita Anak Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar konsentrasi Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (II) Prof. Dr. Suyono M.Pd. Kata Kunci instrumen asesmen menulis kreatif cerita anak sekolah dasar. Asesmen di sekolah dasar sebatas terpaku pada asesmen autentik yang tersedia. Tugas menulis hanya terfokus pada menulis rangkuman materi merangkum gagasan pokok dan pendukung suatu teks dan laporan pengamatan. Hal tersebut membuat tugas menulis cerita berkurang bahkan jarang diminati. Pengembangan asesmen menulis cerita oleh guru hanya sebatas asesmen menulis gagasan pokok dan menulis kesimpulan cerita. Dikarenakan asesmen yang dilakukan oleh guru sebatas terpaku pada standar kompetensi minimal yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen asesmen autentik menulis kreatif cerita anak dan panduan penggunaan asesmen menulis kreatif cerita anak yang memiliki kelayakan produk dari segi validitas dan reliabilitas. Produk yang dikembangkan berupa instrumen asesmen pendambing sebagai peningkatan motivasi guru dalam menggerakkan kompetensi menulis siswa tentang cerita anak (cerita fabel dan cerita fiksi). Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model desain pengembangan asesmen autentik oleh O Malley Pierce. Prosedur penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) penentuan tujuan asesmen autentik (2) penyusunan spesifikasi produk (3) pengembangan profesioal asesmen autentik (4) pengumpulan contoh asesmen autentik (5) pengadaptasian asesmen yang ada (6) pengujicobaan asesmen (7) perbaikan asesmen. Data penelitian ini yakni data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dan hasil uji coba lapangan sebagai data reliabilitas. Data kualitatif berupa hasil deskripsi produk saran dari validator dan praktisi serta perbaikan produk berdasarkan saran validator praktisi dan hasil uji coba produk. Produk yang dikembangkan berupa buku tugas menulis cerita anak (cerita fabel dan cerita fiksi) dan produk buku panduan penggunaan untuk guru. Buku tugas menulis masing-masing terdapat tugas menulis cerita secara terbimbing dan secara bebas. Setiap butir soal pada tugas menulis disesuaikan dengan tahapan menulis cerita anak. Tahapan menulis cerita anak tersebut yaitu menulis pengenalan cerita menulis masalah cerita menulis penyelesaian masalah cerita menulis penutup cerita menulis judul cerita dan menulis cerita secara utuh. Kriteria validasi produk buku tugas menulis siswa dilihat dari segi validitas konstruk stimulan rubrik penilaian keterbacaan dan kepraktisan. Hasil validasai produk buku tugas menulis siswa memiliki kriteria layak dengan catatan perbaikan untuk menyempurnakan kembali produk menjadi lebih baik. Pada produk buku panduan penggunaan guru memiliki kriteria validasi dari segi sasaran asesmen cara penggunaan instrumen asesmen penyajian kepraktisan Hasil validasi produk buku panduan penggunaan guru juga memiliki kriteria sangat layak meskipun ada beberapa perbaikan kecil. Hasil uji reliabilitas produk menunjukkan bahwa produk memiliki tingkat reliabel dan korelasi tinggi sehingga produk layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan dapat menjadi sarana melakukan penilaian tentang menulis cerita anak yang lebih baik. Selain itu juga dapat digunakan sebagai media pendidikan karakter / pendidikan nilai moral di sekolah dasar secara tidak langsung. Disarankan produk ini dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai bahan portofolio siswa untuk mengetahui tingkat perkembangan menulis siswa selama berada di sekolah dasar. Produk dapat dimodifikasi menggunakan jenis stimulan lain ataupun dapat digunakan di kelas lain. Produk juga dapat digunakan sebagai referensi guru atau peneliti lain untuk melakukan lesson study penelitian tindakan kelas analisis kemampuan menulis cerita serta dapat menjadi landasan untuk melakukan pengembangan produk instrumen asesmen yang lebih inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63197

Actions (login required)

View Item View Item