Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbasis keterampilan multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Julianda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbasis keterampilan multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Julianda

Julianda (2017) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbasis keterampilan multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Julianda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Julianda. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembingbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D (2) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. Kata Kunci Strategi Inkuiri Keterampilan Multiliterasi Berpikir Kritis. Kemajuan teknologi mengakibatkan perubahan pada berbagai tatanan kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang mengalami perubahan yang nyata hal ini karena pendidikan mempersiapkan peserta didik untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan bahkan sebagai pembuat perubahan (agent of change) itu sendiri. Untuk itu pembelajaran di kelas harus mengajarkan siswa bagimana cara belajar dan cara berpikir sehingga mereka mampu membelajarkan dirinya sendiri sehingga mendorong tumbuhnya karakter belajar sepanjang hayat (lifelong learning) dengan pembelajaran tersebut peserta didik mampu menghadapi tantangan mendapatkan kehidupan yang layak dimasa akan datang. Hal ini sesuai dengan prioritas pembelajaran Abad 21 dan tujuan pendidikan IPS yang menekankan pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam proses belajar di kelas. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut maka dilaksankan pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) berbasis keterampilan multiliterasi dengan tujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga menjadi solusi dalam menghadapi tantangan-tantangan kehidupan di masa akan datang. Langkah-langkah SPI terdiri dari orientasi merumuskan masalah merumuskan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan membuat kesimpulan mampu mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah logis berpikir reflektif dan kritis siswa. Keterampilan mulitliterasi merupakan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam menghadapi tantangan belajar saat ini yang terdiri dari keterampilan membaca berbicara (berdiskusi) menulis dan menguasai teknologi informasi. Keterampilan multiliterasi yang dilaksanakan dikelas mampu menumbuhkan pengetahuan awal (prior knowledge) dan rasa ingin tahu serta motivasi peserta didik sehingga sangat membantu guru dalam melaksanakan langkah-langkah inkuri. Hal ini karena pengetahuan awal rasa ingin tahu dan motivasi peserta didik menjadi kunci keberhasilan pembelajaran inkuri di kelas. Maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis multiliterasi dengan kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Meulaboh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Sampling. Kelompok yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-A dan VIII-B yang berjumlah 54 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu (1) pratindakan (pretest) (2) pelaksanaan (Treatment) (3) pascatindakan (Posttest). Analisa data menggunakan uji Independent Sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows versi 20. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (p) 0 000 maka p 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPS antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajarn inkuiri berbasis multiliterasi dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil anilisis nilai rata-rata pretest dan posttest menggunakan rumus N-Gain kelas eksperimen dan kontrol didapatkan nilai N-Gain sebesar 0 54 dan 0 42. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dari pretest ke posttest secara rata-rata adalah sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka strategi pembelajaran inkuiri berbasis keterampilan multiliterasi direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam pelaksanaan pembelajarannya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan guru yaitu (1) guru hendaknya memperhatikan tingkat motivasi peserta didik untuk belajar karena tanpa motivasi yang tinggi tujuan pembelajarn ini sulit untuk dicapai (2) guru harus memperhatikan kemampuan awal (prior knowledge) peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran (3) guru harus merencakan penggunaan waktu secara efektif (4) guru harus terampil menggunakan teknologi informasi dan mampu mengendalikan penggunaan teknologi informasi yang digunakan peserta didik (5) guru harus mampu membatasi permasalahan yang ingin muncul dalam proses pembelajaran sehingga fokus pada tujuan yang dicapai. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian strategi pembelajaran inkuiri berbasis keterampilan multiliterasi dengan variabel atau tujuan pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63195

Actions (login required)

View Item View Item