Mawarni, Putri Yunisda (2017) Penerapan model pembelajaran rally robbin dan fan-n-pick untuk meningkatkan self esteem dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas V SDN Purwantoro 8 Malang) / Putri Yunisda Mawarni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mawarni Putri Yunisda. 2017. Penerapan Model Rally Robbin dan Fan-N-Pick Untuk Meningkatkan Self Esteem Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa kelas V SDN Purwantoro 8 Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Budi Eko Seotjipto M. Ed. M.Si. (2) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Rally Robbin Fan-N-Pick Self esteem Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas V SDN Purwantoro 8 Malang terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu 1) siswa cenderung pasif selama kegiatan pembelajaran 2) siswa takut untuk memberikan pendapat dan dikritik oleh siswa lain 3) guru belum menerapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa dan 4) hasil belajar siswa rendah. Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas V ini disebabkan oleh rendahnya self esteem siswa sehingga guru perlu melakukan tindakan untuk meningkatkan self esteem siswa. Self esteem dan hasil belajar siswa yang rendah dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi siswa mengembangkan kemampuan motorik sosial bekerja dengan kelompok memberikan dan menerima umpan balik serta mengembangkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick dalam pembelajaran di kelas 2) meningkatkan self esteem siswa kelas V SDN Purwantoro 8 Malang melalui penerapan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick dan 3) meningkatkan hasil siswa kelas V SDN Purwantoro 8 Malang melalui penerapan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek kelas V SDN Purwantoro 8 Malang berjumlah 47 siswa. Peneliti bertindak sebagai guru yang dibantu dua observer. Prosedur dalam penelitian ini akan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri 1) mereduksi data 2) penyajian data 3) penyimpulan hasil analisis Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian diterapkan pada pembelajaran tematik kelas V dengan tema Sejarah Peradaban Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick di kelas V SDN Purwantoro 8 Malang telah terlaksana dengan baik 2) penerapan model pembelajaran Rally Robbin dan Fan-N-Pick dapat meningkatkan self esteem siswa dimana hasil angket pada pra tindakan mencapai persentase 51 06 % dengan kriteria sedang siklus I mencapai 72 34 % dengan kriteria baik siklus II mencapai 78 72 % dengan kriteria baik dan siklus III sebesar 85 11 % dengan kriteria sangat baik 3) penerapan model Rally Robbin dan Fan-N-Pick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Sejarah Peradaban Indonesia hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa secara klasikal yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 55 31 % (26 siswa tuntas) siklus II sebesar 78 72 % (37 siswa tuntas) dan siklus III sebesar 85 11 % (40 siswa tuntas). Berdasarkan hasil penelitian ini maka hal-hal yang dapat disarankan antara lain 1) para guru disarankan dalam penerapan model Rally Robbin dan Fan-N-Pick dapatmengatur dan memanajegem waktu sebaik mungkin dikarena penerapan kedua model ini memerlukan waktu yang lama 2) pengelompokan masing-masing siswa dalam penerapan model didasarkan pada kemampuan akademik yang berbeda 3) guru menyampaikan secara jelas dan detail langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran mengarahkan dan membimbing siswa dalam setiap perannya dan 4) peningkatan self esteem siswa tidak terbatas pada kelas V namun dapat dipupuk dan dikembangkan pada jenjang selanjutnya dengan tidak hanya melibatkan guru di dalam kelas namun dapat dikembangkan dan didukung melalui peran serta orang tua warga sekolah dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63192 |
Actions (login required)
View Item |