Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains melalui project based learning pada materi kemagnetan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Enrekang / Ahmad Tamrin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains melalui project based learning pada materi kemagnetan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Enrekang / Ahmad Tamrin

Tamrin, Ahmad (2017) Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains melalui project based learning pada materi kemagnetan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Enrekang / Ahmad Tamrin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermawati Yessi. 2017. Pengembangan Handout Biologi SMA Berdasarkan Hasil Penelitian Pembuatan Nata De Nangka dengan Variasi Varietas dan Macam Gula. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd. (2) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci Handout Biologi Nata de Nangka Varietas Nangka Macam Gula Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang bersifat faktual namun pembelajaran selama ini hanya sebatas menstransfer ilmu kepada siswa. Pembelajaran yang seharusnya dilengkapi praktikum jarang dilaksanakan di sekolah contohnya untuk materi Bioteknologi. Guru masih mengalami kesulitan dalam mengajarkan pembelajaran Bioteknologi dan siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout yang khusus untuk membahas Bioteknologi Konvensional berbasis pada hasil penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan handout merujuk pada model 4D Thiagarajan (1974). Handout disusun berdasarkan hasil penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi UM. Teknik pengumpulan data untuk pengembangan handout melalui penyebaran angket dan wawancara. Handout divalidasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi. Subjek uji coba keterbacaan handout yaitu 20 orang siswa kelas XII dan praktisi lapangan. Hasil validasi dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa handout Biologi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi kelas XII untuk materi Bioteknologi Konvensional. ABSTRACT Hermawati Yessi. 2017. The development of High School Biology Handout Based on the Research of Making Nata De Nangka with different Variety and Sugar. Biology Education. Postgraduate. State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd. (2) Dr. Betty Lukiati M.S. Keywords Biology Handout Nata de Nangka Variety of jack fruit Type of Sugar The 2013 curriculum emphasizes factual learning but the learning so far has been limited to transferring knowledge to students. Learning that should be equipped with practicum is rarely implemented in schools for example for Biotechnology. Teachers still have difficulty in teaching Biotechnology and also students have difficulty in understanding the subject matter. Base on this the aims of research to develop a special handout to discuss the Conventional Biotechnology based on the results of research. This research is development research. Handout development research refers to the Thiagarajan 4D model (1974). This Handout base on experimental research result. Experimental research was conducted in Microbiology Laboratory of UM. Data collection technique handout is done by questionnaire and interview. Handout validated by expert media validator and material expert validator. Handout trial subjects include 20 students of class XII and field practitioners.The results of Validation and readability test indicate that Biology handout is worthy of being used as a learning media for class XII on Biology Conventional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63188

Actions (login required)

View Item View Item