Ismawati (2017) Pengembangan modul berbasis inkuiri pada tema daerah tempat tinggalku untuk siswa SD kelas IV kota Malang / Ismawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ismawati. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri pada Tema Daerah Tempat Tinggalku untuk Siswa SD Kelas IV Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. pembimbing (1) Dr. Suharjo M.S. M.A. (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci Modul Pembelajaran Inkuiri Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis inkuiri dengan tema daerah tempat tinggalku yang diperuntukkan untuk siswa kelas IV SDN Kota Malang pada subtema 1 tentang lingkungan tempat tinggalku yang valid dan efektif. Berdasarkan analisis kebutuhan melalui wawancara dengan beberapa guru kelas IV Sekolah Dasar yang ada di Kota Malang diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah yaitu buku terbitan Kemendikbud. Sekolah menggunakan bahan ajar penunjang lain namun hanya berfokus pada latihan soal saja. Siswa mengalami kesulitan untuk mengaitkan materi dengan kondisi yang ada di sekitarnya pada kegiatan pembelajaran. Beberapa siswa masih ketinggalan dalam memahami isi pelajaran. Solusi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan modul berbasis inkuiri. Melalui penggunaan modul dalam pembelajaran dapat membuat siswa belajar secara mandiri. Penelitian dan pengembangan modul berbasis inkuiri ini menggunakan model Borg Gall. Langkah-langkah model tersebut yakni (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan darf awal produk (4) uji validasi ahli (5) revisi I (6) uji coba kelompok kecil (7) revisi II (8) uji coba lapangan (9) penyempurnaan produk akhir (10) diseminasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data berupa komentar tanggapan atau saran berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji validasi dan uji coba modul. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang berupa skor atau angka dari hasil validasi ahli dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi sebesar 83 33% masuk dalam kreiteria cukup valid dan validasi desain sebesar 90 38% masuk dalam kreiteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh melalui angket siswa yakni sebesar 95 19% masuk dalam kreiteria sangat valid. Hasil uji coba lapangan diperoleh melalui angket siswa sebesar 91 61% masuk dalam kreiteria sangat valid. Keefektifan modul diperoleh melalui hasil uji-t yang menunjukkan bahwa penggunaan modul pada kelas eksperimen efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Ismawati. 2017. The Development of Inquiry Based Module on the Theme Daerah Tempat Tinggalku for Fourth Grade Students of Elementary School in Malang City. Thesis. Basic education study. Graduate school Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Suharjo M.S. M.A. (2) Dr. Alif Murdiono M.Pd. Keywords Learning Module Inquiry The purpose of this research and development is to produce a material in the form of inquiry based thematic module on the theme Daerah Tempat Tinggalku for Fourth Grade Students of Elementary School in Malang City Sub-topic 1 about my valid and effective living environment. Based on need analysis by interviewing some fourth grade teachers of Elementary School in Malang City it showed that course materials used in the school are the books published by Ministry of Education and Culture. The school also uses another course material however it only focuses on exercises tasks. The students have difficulties in relating the material to the context around them on the learning activities. Some students are still hard to understand the content of learning. The solution for those problems is by developing inquiry-based module. Using the module in learning can help the students learning independently. This research and development of inquiry-based module is based on Borg Gall model. The steps of the model are (1) preliminary research (2) planning (3) developing first draft of the product (4) expert validation test (5) revised I (6) small group tryout (7) revised II (8) field tryout (9) finishing the final product (10) dissemination. The type of data used in this study is qualitative and quantitative data. Qualitative descriptive data analysis technique is used to analyze the data in the form of comments responses or suggestions based on the results of validation test and the module tryout. Quantitative descriptive data analysis technique is used to analyze the data in the form of score or number from the results of expert validation and students learning outcome. The result of this study showed that validation from the expert is 83.33 % in quite valid and the design is 90.38% in very valid criteria. The result of small group tryout by using students questionnaire is 95.19% in very valid criteria. The result of field tryout by using students questionnaire is 91.61% in very valid criteria. The effectiveness of the module by using t-test result showed that using module in the experiment class is effective to increase the students learning outcome.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63187 |
Actions (login required)
View Item |