Pengembangan pieces card game pada pembelajaran tema perkembangan teknologi untuk kelas III SD / Auliya Amiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pieces card game pada pembelajaran tema perkembangan teknologi untuk kelas III SD / Auliya Amiroh

Amiroh, Auliya (2017) Pengembangan pieces card game pada pembelajaran tema perkembangan teknologi untuk kelas III SD / Auliya Amiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amiroh Auliya. 2017. Pengembangan Pieces Card Game pada Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi untuk Kelas III SD. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M. S M. A. (II) Dr. I Made Suardana M. Pd Kata Kunci pieces card game pembelajaran tematik tema perkembangan teknologi Pembelajaran yang dilaksanakan di SD saat ini adalah pembelajaran tematik integrated pembelajaran dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan penerapan pembelajaran tematik di SDN Blimbing 1 SDN Blimbing 3 dan SDN Mojolangu 2 masih banyak mengalami kendala sehingga menyebabkan nilai siswa rendah. Permasalahan terjadi karena siswa mengalami kesulitan untuk mempelajari materi yang abstrak serta kesulitan untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Selain itu pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran masih kurang sehingga minat belajar siswa rendah. Siswa membutuhkan media yang dapat membantu siswa memahami materi dan memahami konsep yang abstrak. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan game pembelajaran berbantuan komputer. Produk pengembangan ini adalah Pieces Card Game di dalamnya berisi petunjuk penggunaan tujuan pembelajaran ringkasan materi dan kumpulan soal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan game pembelajaran berbantuan computer pada tema perkembangan teknologi untuk kelas III SD. Sedangkan tujuan dari pengembangan produk ini untuk membantu siswa mempelajari materi yang abstrak mengingat kembali materi yang telah dipelajari serta meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg Gall penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak tiga sekolah yaitu SDN Mojolangu sebagai uji kelompok kecil SDN Blimbing 1 dan SDN Blimbing 3 sebagai uji lapangan. Setiap sekolah digunakan dua kelas yaitu 1 kelas control dan 1 kelas eksperimen. Analisis efektivitas produk yang dikembangkan menggunakan uji t yang dianalisis melalui bantuan SPSS 23. Selain itu analisis data diperoleh dari hasil validasi materi dan ahli media uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes berupa multiplechoice. Hasil penelitian dan pengembangan ini antara lain (1) menghasilkan produk pieces card game yang layak dan efektif (2) produk pieces card game mendapat kriteria layak hal ini ditunjukkan dengan analisis penilaian kevalidan produk dengan rata-rata presentasenya 92% (3) uji efektivitas menunjukkan ada perbedaan hasil uji beda. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan produk yang lebih bervariasi untuk pembelajaran tema-tema lainnya sehingga dapat dijadikan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dan menjadi alternatif dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63185

Actions (login required)

View Item View Item