Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berorientasi public service dalam rangka meningkatkan mutu sekolah (studi kasus di gugus VII Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang) / Ilham Syahrul Jiwandono - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berorientasi public service dalam rangka meningkatkan mutu sekolah (studi kasus di gugus VII Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang) / Ilham Syahrul Jiwandono

Jiwandono, Ilham Syahrul (2017) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berorientasi public service dalam rangka meningkatkan mutu sekolah (studi kasus di gugus VII Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang) / Ilham Syahrul Jiwandono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jiwandono Ilham Syahrul. 2017. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Berorientasi Public Service Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus Di Gugus VII Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang) Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Kusmintardjo M.Pd. Kata Kunci manajemen berbasis sekolah public service mutu sekolah Manajemen Berbasis Sekolah dipandang berpotensi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pemerataan dan efisiensi di bidang pendidikan. Salah satu bentuk Manajemen Berbasis Sekolah adalah Manajemen Berbasis Sekolah berorientasi public service yang menitikberatkan pada keikutsertaan masyarakat dalam mengelola sekolah yang tujuannya jelas yaitu untuk meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dan upaya dalam mengatasinya sekaligus mengetahui peran kepala sekolah guru dan masyarakat dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Data penelitian berupa data hasil wawancara maupun dokumentasi dari sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara studi dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama ada beberapa tahap dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah yakni sosialisasi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Kedua kendala-kendala yang dihadapi diantaranya adalah kurangnya partisipasi masyarakat. Masyarakat menganggap bahwa sekolah bukanlah tanggung jawabnya melainkan tanggung jawab kepala sekolah dan guru. Hal ini perlu diluruskan mengingat sekolah merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya kepala sekolah dan guru saja. Ketiga upaya yang telah dilakukan adalah mengundang wali murid dan masyarakat sekitar untuk menjelaskan tentang Manajemen Berbasis Sekolah. Pihak sekolah mengundang wali murid dan masyarakat sekitar sekolah untuk dijelaskan mengenai program-program yang sudah dan akan dilakukan oleh sekolah. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Keempat peran kepala sekolah guru dan masyarakat sudah terlihat. Namun untuk peran masyarakat masih kurang mereka hanya sebatas menyumbangkan materi dan tenaga saja. Seharusnya masyarakat juga perlu menyumbangkan ide maupun gagasan. Dengan begitu masyarakat akan mendepatkan manfaat dari apa yang mereka sumbangkan ke sekolah. Saran yang dapat diberikan agar masalah-masalah diatas dapat terselesaikan adalah dengan melakukan pendekatan yang lebih intens lagi kepada masyarakat komunikasi yang baik dengan semua pihak dan masyarakat harus pro aktif dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63181

Actions (login required)

View Item View Item