Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis web pada materi pajak di SMP Muhammadiyah Mungkid / Siswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis web pada materi pajak di SMP Muhammadiyah Mungkid / Siswanto

Siswanto (2017) Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis web pada materi pajak di SMP Muhammadiyah Mungkid / Siswanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswanto 2017. Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Web Pada Materi Pajak Di SMP Muhammadiyah Mungkid. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci media pembelajaran berbasis web media belajar ok Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis web pada materi pajak untuk siswa SMP Muhammadiyah Mungkid kelas VIII 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media ahli materi uji coba terhadap guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian R D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran dengan sistem komunikasi multi arah baik secara perorangan maupun kelompok. Media pembelajaran ini dapat dijalankan pada vesi offline maupun online. Prosedur pengembangan dilakukan dari tahap penelitian dan pengumpulan data tahap perencanaan tahap pengembangan produk tahap validasi dan uji coba lapangan. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menganalisis kelayakan sehingga menghasilkan revisi pengembangan tahap awal. Selanjutnya untuk menganalisis aspek keterlaksanaan dan kemenarikan maka dilakukan uji coba lapangan awal terhadap guru mata pelajaran IPS dan siswa. Sedangkan untuk menganalisis aspek keefektifan maka dilaksanakan uji coba lapangan utama terhadap semua siswa satu kelas. Setelah diketahui hasil analisis terhadap media pembelajaran IPS berbasis web maka dilakukan revisi tahap akhir sehingga menghasilkan produk akhir berupa website pada materi pajak. Hasil penelitian ini adalah 1) media pembelajaran IPS berbasis web pada materi pajak untuk siswa SMP kelas VIII pada alamat https //mediabelajarok.id 2) pengembangan media pembelajaran IPS berbasis web pada materi pajak yang layak digunakan dalam pembelajaran. Adapun hasil penilaian dari para ahli yaitu ahli media menilai cukup layak dengan skor 75% dan ahli materi menilai layak dengan skor 79%. Hasil uji coba lapangan awal mencapai kriteria sangat baik pada subjek coba guru dengan skor 96% dan pada subjek coba siswa mendapatkan skor 87% dengan kriteria sangat menarik. Sedangkan pada uji coba lapangan utama terhadap subjek coba semua siswa satu kelas menghasilkan nilai di atas KKM dengan rata-rata 80 80 sehingga jumlah nilai siswa meningkat 19%. Adapun tingkat ketuntasan siswa mencapai 100% sehingga dinyatakan sangat efektif. Penelitian ke depan diharapkan dapat memunculkan pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran yang berbeda karena keterbatasan pada media ini yang hanya digunakan untuk membahas materi pembelajaran IPS. Selain itu konten dalam web diharapkan dapat memunculkan materi yang terbaru. Selanjutnya diharapkan juga dapat mengembangkan produk buku elektronik versi mobile yang dapat diakses menggunakan perangkat komunikasi smartphone.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63179

Actions (login required)

View Item View Item