Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media maket pada muatan IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kanigoro 02 / Nurul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media maket pada muatan IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kanigoro 02 / Nurul Hasanah

Hasanah, Nurul (2017) Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media maket pada muatan IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kanigoro 02 / Nurul Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Nurul. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Maket pada Muatan IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kanigoro 02. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (2) Dr. Dedi Kuswandi M. Pd. Kata kunci Kemampuan Berpikir Kreatif Hasil Belajar STAD Media Maket Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keikut sertaan siswa dalam kegiatan belajar di dalam kelas. Kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan belum menjadi tujuan pokok pembelajaran. Selain itu juga penggunaan media pembelajaran yang masih kurang bervariatif. Hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah hal ini berdampak pada pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini terfokus pada muatan IPA bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) berbantuan media maket pada muatan IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 langkah utama yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Kanigoro 02 tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 16 siswa. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu pembelajaran 8x35 menit. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan sintak STAD yakni penyajian materi kegiatan kelompok tes individual penghitungan skor serta pemberian penghargaan kelompok. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 8 orang siswa atau 50% dari 16 siswa yang mendapat kriteria kreatif dan pada siklus II sebanyak 13 siswa atau 81 25% mendapat kriteria kreatif. Serta hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa 68 75% meningkat pada siklus II sebesar 78 75%. Ketuntasan belajar tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan klasikal yang telah ditentukan yaitu 8805 75% dari rata-rata nilai keseluruhan siswa. Oleh karena itu hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan sudah berhasil pada siklus II.Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 31 25% dari siklus I ke siklus II. ABSTRACT Hasanah Nurul. 2017. Kooperatif Learning Type Student Teams Achievement Divisions Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Mock-up Media Aided in Charge IPA to Improve Creative Thinking Skills and Student Learning Outcomes of Fifth Grade Students at SDN Kanigoro 02. Tesis. Basic Education Program. Post Graduate of State University of Malang. Super Visor (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (2) Dr. Dedi Kuswandi M. Pd. Kata kunci Creative Thinking Learning Outcomes STAD Mock-up Media Background of this research was the lack of participation of students in learning activities in the classroom. Creative thinking ability of students is still low and not be the ultimate goal of learning. In addition the use of media that is less varied. Learning outcomes achieved by students is still low it affects the learning that takes place. This study focused on the science payload aims to determine the increase creative thinking skills and student learning outcomes through cooperative learning student teams achievement divisions (STAD) mock-up media aided in charge IPA. This research is a class act that consists of four main steps namely planning action observation and reflection. The subject of research was 16 students of five grade at SDN Kanigoro 2 Malang academic years 2016/2017. Each cycle consisted of three meetings with the allocation of learning time 8x35 minutes. The learning steps are executed in accordance with the STAD syntax presentation of the material group activities individual tests calculation of the score as well as the awarding of the group. Based on the analysis that has been done it is known creative thinking abilities of students has increased. In the first cycle of 8 students or 50% of the 16 students who got creative criteria and the second cycle as many as 13 students or 81.25% got creative criteria. And learning outcomes of students in the first cycle in the classical style can be seen that the students mastery 68.75% increase in the second cycle of 78.75%. Mastery learning is already achieving the success criteria predetermined classical ie 8805 75% of the average value of the whole student. Therefore the classical student learning outcomes stated already succeeded in second cycle. To these results it can be stated that the creative thinking abilities of students has increased by 31.25% from the first cycle to the second cycle.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63177

Actions (login required)

View Item View Item